Rabu 28 Aug 2024 12:41 WIB

Besok, Ojol Jabodetabek Siap Gelar Demo dan Tolak Semua Orderan

Pengemudi ojol memprotes perhitungan bisnis antara mitra driver dan aplikator.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Friska Yolandha
Aksi protes pengendara ojek online (ilustrasi). Para pengemudi ojek online (Ojol) berencana  menggelar unjuk rasa di Jakarta pada Kamis (29/8/2024).
Foto: Edi Yusuf
Aksi protes pengendara ojek online (ilustrasi). Para pengemudi ojek online (Ojol) berencana menggelar unjuk rasa di Jakarta pada Kamis (29/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pengemudi ojek online (Ojol) berencana  menggelar unjuk rasa di Jakarta pada Kamis (29/8/2024). Ini sebagai bentuk protes mereka terkait perhitungan bisnis antara mitra driver dengan aplikator.

Informasi bakal adanya demontrasi Ojol telah beredar luas. Ketua Dewan Pengawas Armada Seluruh Ojek Online Indonesia (ASOOI), Hammam Krishna membenarkannya. 

Baca Juga

"Benar pada hari itu, kami akan menggelar off bid massal se Jabodetabek sebagai bentuk protes terhadap kebijakan aplikator," kata Krishna lewat pesan singkat kepada Republika.co.id, Rabu (28/8/2024).

Ia menerangkan lokasi demonstrasi di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat. Armada yang ikut melakukan aksi tersebut, seluruh anggota ASOOI se-Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi.

Ketika ditanyakan perihal tuntutannya, ia belum memberikan informasi secara detail. Intinya, menuntut pendapatan yang lebih baik. Ia berharap dengan adanya unjuk rasa seperti ini, bakal terjadi perubahan.

"Apabila aksi tersebut tidak mendapatkan respon yang baik, maka off bid massal akan kami lakukan kembali dengan skala nasional," ujar Krishna.

Ia bertugas memberikan masukan, saran, dan pertimbangan terhadap dinamika di lapangan. Ini terkait internal organisasinya. Pengambilan  keputusan tetap ada di tangan Ketua Umum ASOOI. Muaranya, untuk kesejahteraan semua anggota.

Sekretaris Jenderal Perkumpulan Armada Sewa (PAS) Indonesia, Wiwit Sudarsono menyampaikan pernyataan senada. Intinya bakal ada aksi unjuk rasa oleh Koalisi Ojol Nasional (KON). Itu sebagai bentuk protes terkait perhitungan bisnis antara para ojol tersebut dengan aplikator.

"Betul, rencana tanggal 29 Agustus (2024) ada aksi off bid rekan-rekan ojol yang tergabung dalam KON," ujar Wiwit kepada Republikaa.co.id.

Off bid adalah tindakan tidak menerima pesanan konsumen lewat aplikasi. Ini melingkupi semua orderan. Baik itu food, ride maupun paket. 

Dalam info yang beredar, aksi off bid berlangsung sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Presidium KON meminta maaf kepada semua pelanggan jika mengalami ketidaknyamanan.

 

 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement