Senin 22 Jul 2024 08:26 WIB

Rahasia Gunung yang Disebut Alquran dan Diduga Kuat Lokasi Berlabuh Kapal Nabi Nuh

Allah SWT menciptakan makhluk-Nya termasuk gunung

Red: Nashih Nashrullah
Pegunungan Ararat Turki. Allah SWT menciptakan makhluk-Nya termasuk gunung
Foto: nationalgeographic.com
Pegunungan Ararat Turki. Allah SWT menciptakan makhluk-Nya termasuk gunung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ramai Gunung Gede Pangrango membeku di puncak musim panas pada Juli 2024. Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mencatat suhu mencapai 0 derajat celcius

Kawasan alun-alun Suryakancana membeku akibat suhu udara yang menurun tajam terutama pagi hari. Gunung, merupakan salah satu ciptaan Allah SWT yang disebutkan dalam Alquran. Berbicara tentang gunung, mengingatkan kita tentang gunung yang diabadikan Alquran dan disebut menjadi lokasi berlabuhnya kapal Nabi Nuh.

Baca Juga

وَقِيلَ يَا أَرْضُ ابْلَعِي مَاءَكِ وَيَا سَمَاءُ أَقْلِعِي وَغِيضَ الْمَاءُ وَقُضِيَ الْأَمْرُ وَاسْتَوَتْ عَلَى الْجُودِيِّ ۖ وَقِيلَ بُعْدًا لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Dan difirmankan: "Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah," dan airpun disurutkan, perintahpun diselesaikan dan bahtera itupun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: "Binasalah orang-orang yang zalim".

BACA JUGA: Alquran Ungkap Proses Terbentuknya Gunung Gede?

Memanfaatkan peta satelit Google Earth, lokasi situs perahu Nabi Nuh AS itu terletak pada ketinggian sekitar 2.000 dpl (dari permukaan laut). Lokasinya berada di kaki bukit yang agak rata. Sedangkan, di daerah sekitarnya masih ada lembah raksasa yang memiliki ketinggian jauh lebih rendah.

Berdasarkan hal tersebut, perahu Nabi Nuh AS diperkirakan mendarat pada saat banjir masih belum benar-benar surut. Hal ini juga menunjukkan kondisi topografi di sekitar situs perahu Nabi Nuh AS sangat mendukung untuk terjadinya banjir besar.

Keberadaan kapal Nuh di pegunungan Ararat atau Gunung Judi (Jodi) itu diyakini para peneliti arkeologi sebagai penemuan paling heboh di dunia, selain Mumi Firaun dan Piramida.

Sebab, penelitian itu dilakukan ratusan kali dengan melibatkan para pakar dan ahli geologi, arkeologi, dan pesawat luar angkasa untuk mengawasi dan memotret pegunungan Ararat. Dan, 'penemuan' itu dianggap paling heboh dan teramat berharga, karena peristiwa itu terjadi lebih dari 5.000 tahun lalu.

Di sekitar objek tersebut, juga ditemukan sebuah batu besar dengan lubang pahatan. Para peneliti percaya bahwa batu tersebut adalah drogue-stones. Pada zaman dulu, batu tersebut biasanya dipakai pada bagian belakang perahu besar untuk menstabilkan perahu.

Para peneliti juga menemukan sesuatu yang tidak lazim pada batu tersebut, yakni adanya sebuah molekul baja yang diperkirakan berusia ribuan tahun lalu dan dbuat tangan manusia. Karena itu, mereka meyakini tempat tersebut adalah jejak pendaratan perahu Nuh.

Dari beberapa foto-foto...

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement