Rabu 24 Jul 2024 14:40 WIB

Kisah Hancurnya Gunung Sinai dalam Alquran, Saat Nabi Musa Berdoa Bisa Melihat Allah

Dia berkata, “Ya Tuhanku, tampakkanlah (diri-Mu) kepadaku agar aku dapat melihat Mu"

Red: A.Syalaby Ichsan
 Seorang turis menyaksikan matahari terbit di luar gereja di puncak Gunung Moses, kota Saint Catherine, Sinai Selatan, Mesir, 20 Maret 2021 (dikeluarkan 22 Maret 2021).
Foto:

Ketika Nabi Musa berdoa meminta melihat Allah SWT, menurut sebagian mufasir, yang ditampakkan itu adalah kebesaran dan kekuasaan Allah SWT. Sementara itu, sebagian yang lain menafsirkan bahwa yang tampak itu adalah cahaya-Nya.

Bagaimanapun juga, tampaknya Allah SWT tidaklah seperti tampaknya makhluk. Tampaknya Allah mestilah sesuai dengan sifat-sifat-Nya yang tidak dapat diukur dengan pikiran manusia.

Secara geografis, Gunung Sinai (Tursina) terletak di Semenanjung Sinai, Mesir. Ketinggiannya sedang, berkisar 2.285 meter. Gunung ini terletak di dekat Kota Saint Catherine di Sinai, dikutip dari buku Tafsir Ilmi tentang Gunung Dalam Perspektif Alquran dan Sains.

Gunung Sinai dikelilingi oleh puncak-puncak gunung yang lebih tinggi, yang merupakan rangkaian pegunungan. Di lembah Tursina terdapat Biara St. Chaterine, suatu sekte dalam Kristen. Biara ini mendapat perlindungan Rasulullah SAW. 

photo
Makam Nabi Musa - (Dok Republika)

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement