Jumat 02 Aug 2024 05:12 WIB

Ikuti Pengobatan Rasulullah, Banyak Juara Olimpiade Berbekam, Apa Rahasianya?

Keberhasilan metode ini terletak pada dibersihkannya tubuh dari darah yang rusak.

Rep: Fitrianto/ Red: A.Syalaby Ichsan
Rona kecokelatan di bahu perenang Michael Phelps berasal dari praktik bekam yang dilakukannya untuk menjaga kebugaran.
Foto: AP
Rona kecokelatan di bahu perenang Michael Phelps berasal dari praktik bekam yang dilakukannya untuk menjaga kebugaran.

REPUBLIKA.CO.ID, Olimpiade 2024 sedang digelar di Paris, Prancis. Salah satu olahraga favorit yang paling banyak ditonton adalah renang. Pada tahun ini, ada 854 atlet dari 187 negara yang berkompetisi.

Adam Peaty meraih medali perak di nomor 100 meter gaya dada, dengan hanya kalah 0,02 detik dari perenang Italia, Nicolo Martinenghi, pada akhir pekan lalu. Pada Ahad (28/7/2024), Martinenghi dari Italia meraih kemenangan dengan membawa lingkaran merah tua di punggungnya.

Baca Juga

Pada Olimpiade Rio  tahun 2016, para perenang dan pesenam, terutama Tim Amerika Serikat, termasuk Michael Phelps, juga terlihat memiliki titik-titik misterius yang terlihat seperti memar. Tanda-tanda aneh tersebut juga tidak luput dari perhatian para penggemar Olimpiade di tahun 2024. Satu orang bertanya di Reddit: "Mengapa begitu banyak atlet Olimpiade yang ditutupi lingkaran merah besar?"

Satu orang menggunakan X untuk menjelaskan masalah ini: "Pernahkah Anda melihat perenang dan atlet lain di Olimpiade dengan tanda bulat besar di tubuh mereka? Itu adalah bekam kering dan saya jamin tidak sakit," sementara yang lain menambahkan: "Saat Anda menonton Olimpiade dan berpikir 'Tanda lahir yang aneh...' oh, benar ini Olimpiade, mereka melakukan bekam."

photo
Perenang Cina Haiyang Qin bertanding pada babak penyisihan gaya dada 100 meter putra cabang olahraga renang pada Olimpiade 2024, di Nanterre, Prancis, Sabtu (27/7/2024). - (AP Photo/Petr David Josek)

Pesenam Alexander Naddour mengatakan kepada USA Today pada tahun 2016 bahwa bekam adalah 'rahasia' kesehatannya. Dia menambahkan: "Ini lebih baik daripada uang yang pernah saya habiskan untuk hal lain."

Di luar Olimpiade, pemain bola basket Kyle Singler juga memuji terapi bekam. "Memar-memarnya memang terlihat lebih parah dari yang sebenarnya, tapi manfaatnya sangat besar," katanya.

Berbekam adalah teknik pengobatan yang diwariskan Rasulullah SAW. Rasulullah berbekam dan memberi imbalan kepada jasa tukang bekam. Beliau SAW melakukan bekam di kedua sisi badan di samping leher dan di bahu depan. Beliau melakukan bekam dalam kurun waktu tujuh belas, sembilan belas dan dua puluh satu hari.

Dari Ibnu Mas'ud RA, ia berkata, "Rasulullah SAW berbicara tentang malam Isra saat beliau menunaikan perjalanan di malam hari bahwa tidaklah beliau melewati sekumpulan malaikat melainkan mereka menyuruh beliau dengan mengatakan, 'Perintahlah umatmu untuk melakukan bekam'." (HR at-Tirmidzi, Ahmad).

Ali bin Abi Thalib berkata, ''Jibril datang kepada Nabi Muhammad SAW dengan perintah berbekam pada titik al-akhdain (urat leher) dan al-kahil (pundak).'' (Al Dailami). Riwayat lain dari Shuhaib, Rasulullah bersabda, ''Berbekamlah di tengah tengkuk karena hal itu dapat menyembuhkan 72 macam penyakit.''

 

 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement