Senin 05 Aug 2024 13:04 WIB

Ayat Pengusir Roh Jahat, Sihir, dan Hal Negatif: Arab, Latin, Terjemah, dan Tafsirnya

Sejumlah ayat Alquran bermanfaat untuk mengusir setan.

Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi ngaji Alquran.
Foto:

Dua malaikat itu turun ke dunia dengan permintaan itu. Namun mereka berdua (malaikat) tidak akan mau mengajari mereka sebelum mengatakan kepada mereka: “Jangan lakukan ini itu dan jangan kafir, kami hanya ujian dan fitnah dari Allah untuk para hambanya. Dengan pengajaran sihir itu, diantaranya menyebabkan perceraian dengan suami-istri mereka, karena ditanamkan kebencian dan amarah kepada keduanya.

Menurut jumhur di luar Mu’tazilah dan Abu Hanifah bahwa sihir itu mempunyai dampak terhadap hati, namun hanya bisa berdampak ketika memang Allah izinkan. Manusia belajar sihir yang justru dapat membahayakan agama mereka. Sihir tidak dapat memberi kemanfaatan dunia, karena sihir adalah sebuah bahaya yang nyata. Sesungguhnya kaum Yahudi mengetahui, bahwa siapa yang lebih memilih sihir dibandingkan Taurat, maka mereka tidak akan mempunyai kesempatan untuk masuk surga. Sungguh teramat buruk, mereka menjual jiwa dan agama mereka dengan sihir. Mereka juga tidak mengamalkan ilmu mereka, seandainya mereka tahu bahwa azab bagi mereka tidak akan menunggu lama.

Sebab turunnya ayat ini: diriwayatkan dari Muhammad Ishaq dan Imam Thabari dan lainnya bahwa beberapa pendeta Yahudi berkata: “Jangan heran kalian dengan Muhammad, yang berkata bahwa Sulaiman adalah seorang nabi? Itu semua bohong, Sulaiman hanyalah seorang penyihir.” Maka turunlah ayat ini.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement