Kamis 08 Aug 2024 21:03 WIB

Bandara Kertajati akan Layani Penerbangan Menuju Singapura Mulai September 2024

Rute itu nantinya menggunakan pesawat berbadan kecil.

Red: Ahmad Fikri Noor
Dua pesawat bersiap lepas landas dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Ahad (29/10/2023).
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Dua pesawat bersiap lepas landas dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Ahad (29/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Pengelola Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) memastikan rute penerbangan internasional baru dari Kertajati menuju Singapura mulai beroperasi pada 28 September 2024, dengan frekuensi dua kali perjalanan udara dalam seminggu.

Baca Juga

“Rute penerbangan ini nantinya dilayani melalui maskapai Scoot untuk perjalanan Kertajati ke Singapura,” kata Executive General Manager (EGM) BIJB Kertajati Indra Crisna S di Majalengka, Jawa Barat, Kamis (8/8/2024).

Ia menjelaskan penerbangan dari BIJB Kertajati menuju Singapura, nantinya menggunakan pesawat berbadan kecil Embraer, yang sesuai dengan standar rute perjalanan internasional pendek.

Indra menyampaikan bahwa kehadiran rute ini penerapannya akan serupa, seperti yang pernah ada di Bandara Husein Sastranegara Bandung.

Sebelum pandemi COVID-19, kata dia, bandara tersebut melayani rute penerbangan harian ke Singapura dan Kuala Lumpur, Malaysia.

Menurut dia, saat ini di BIJB Kertajati juga melayani penerbangan ke Kuala Lumpur melalui maskapai Malaysia Airlines dan AirAsia dengan frekuensi dua kali seminggu.

“Tingkat keterisian atau okupansi pesawat ke Kuala Lumpur di BIJB Kertajati juga sudah bagus yakni mencapai lebih dari 90 persen dan hal ini menandakan tingginya permintaan penumpang,” ujarnya.

Ia menyebutkan kalau rute penerbangan internasional ke Singapura, dapat menarik minat penumpang untuk melakukan perjalanan udara dari BIJB Kertajati serta menjadi daya tarik baru bagi bandara tersebut.

“Hal Ini adalah langkah strategis untuk meningkatkan minat perjalanan internasional dari Kertajati,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan untuk penerbangan domestik, Bandara Kertajati menyediakan layanan dari maskapai seperti Citilink, Super Air Jet serta AirAsia dan seluruh rute tersebut hingga saat ini masih berjalan secara optimal.

Pihaknya berharap dengan adanya layanan penerbangan baru ini, dapat memberikan kemudahan dan pilihan tambahan bagi perjalanan internasional dari Bandara Kertajati.

“Kami terus berkomitmen untuk meningkatkan fasilitas dan layanan di Bandara Kertajati,” ucap dia.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement