Jumat 09 Aug 2024 16:38 WIB

Ada 'Tangan Israel' di Balik Kerusuhan Anti-Muslim di Inggris?

Ada peningkatan signifikan dalam sentimen anti Muslim terkait Gaza.

Red: A.Syalaby Ichsan
Petugas memadamkan api saat terjadi kerusuhan demonstrasi anti-imigrasi di area Holiday Inn Express di Rotherham, Inggris, Ahad (4/8/2024).
Foto:

Aktivis sayap kanan Tommy Robinson menjadi salah satu aktor kerusuhan sosial yang sedang berlangsung di Inggris. Robinson bahkan berkontribusi dalam menyebarkan nama Muslim yang dibuat-buat sebagai pelaku pembunuhan tiga anak perempuan di Southport pada akhir Juli lalu.

Tidak lama kemudian, nama palsu yang dirilis dan dipromosikan seolah-olah menjadi bukti adanya masalah dengan para pencari suaka Muslim yang kejam di Inggris, terbukti palsu, namun disinformasi ini menjadi katalisator bagi kerusuhan yang akan terjadi.

Tommy Robinson bahkan, mengatakan kepada 800.000 pengikutnya di X bahwa ada "lebih banyak bukti yang menunjukkan Islam adalah masalah kesehatan mental dan bukannya agama perdamaian".

Setelah memicu ketegangan, mengaitkan peristiwa penikaman massal yang mengerikan dengan "imigrasi ilegal" dan mendesak agar ada sesuatu yang dilakukan untuk mengatasinya, orang-orang seperti Tommy Robinson dengan cepat melompat ke dunia maya untuk menjauhkan diri mereka dari kekerasan.