Kamis 15 Aug 2024 01:26 WIB

Pangeran MBS Takut Dibunuh Seperti Anwar Sadat karena Upayakan Normalisasi dengan Israel

Pangeran MBS itu diungkapkannya kepada anggota Kongres AS.

Red: Andri Saubani
Pangeran Mohammed bin Salman.
Foto:

Pada akhir September 2023, Arab Saudi menyerukan solusi adil terhadap perjuangan Palestina untuk menjamin keamanan di kawasan Timur Tengah. Menteri Luar Negeri Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan dalam pidatonya di sidang Majelis Umum PBB mengatakan, keamanan kawasan Timur Tengah memerlukan percepatan upaya mencari solusi yang adil dan komprehensif terhadap masalah Palestina.

“Solusi ini harus dibangun berdasarkan resolusi legitimasi internasional dan Inisiatif Perdamaian Arab, yang menjamin hak rakyat Palestina untuk mendirikan negara merdeka berdasarkan perbatasan tahun 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya,” ujar Pangeran Faisal, dilaporkan Anadolu, Ahad (24/9/2023).

Pada 1993, payung Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Israel menandatangani Perjanjian Oslo, yang memberikan bentuk pemerintahan sipil Palestina. Namun perundingan gagal mencapai kesepakatan damai yang mengarah pada pembentukan negara Palestina.

Perundingan perdamaian antara Palestina dan Israel yang disponsori Amerika Serikat gagal mencapai keputusan pada April 2014. Israel menolak menghentikan pembangunan pemukiman dan melepaskan tahanan Palestina yang dipenjara sebelum 1993.