Jumat 23 Aug 2024 16:22 WIB

Petugas Pastikan Kebakaran Hutan Gunung Guntur Sudah Padam

Warga dipastikan aman dari ancaman bahaya kebakaran hutan tersebut.

Rep: Antara/ Red: Arie Lukihardianti
Proses pemadaman kebakaran di Gunung Guntur, Kabupaten Garut.
Foto: Dok Seksi Konservasi Wilayah V, BBKSDA Jabar.
Proses pemadaman kebakaran di Gunung Guntur, Kabupaten Garut.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT-- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, memastikan bahwa kebakaran hutan di Gunung Guntur sudah padam. Karena, petugas gabungan telah melakukan upaya pemadaman dan penyekatan api selama empat hari agar tidak meluas membakar lahan lainnya.

"Kebakaran lahan hutan di Gunung Guntur sudah padam, sudah tidak ada kepulan asap, dan operasi ditutup sejak kemarin (Kamis, 22/8)," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Aah Anwar Saepuloh saat dihubungi wartawan di Garut, Jumat (23/8/2024).

Baca Juga

Ia menuturkan kebakaran kawasan hutan konservasi itu sudah diketahui sejak Senin (19/8) malam, kemudian petugas dari BPBD Garut maupun dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), kepolisian dan jajaran lainnya melakukan proses pemadaman secara manual dan sekat bakar agar tidak meluas.

Aah mengatakan, pihak yang terlibat untuk mengatasi kebakaran hutan itu, sekitar 40 orang gabungan dari berbagai unsur kesatuan maupun instansi pemerintah daerah yang turun melakukan pemantauan dan ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api.