Sabtu 24 Aug 2024 02:04 WIB

Disrupsi, Pelayanan Kesehatan Hadapi Tantangan VUCA

Kebanyakan mahasiswa ilmu Kesehatan fokus membidik bekerja pada layanan klinis.

Red: Budi Raharjo
PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth) menggelar
Foto: Mandiri Inhealth
PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth) menggelar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelayanan Kesehatan sedang menghadapi tantangan VUCA (volatile, uncertainty, complexity dan ambiguity) karena dihadapkan pada disruption in healthcare. Disruption dalam sektor kesehatan di Indonesia mencakup berbagai perubahan dan inovasi yang mengubah cara layanan kesehatan disampaikan, dikelola, dan diakses oleh masyarakat.

SEVP Human Capital Mandiri Inhealth, Harjito Hasto Prasojo, menyebutkan sektor kesehatan juga sedang mengalami inflasi medis alias kenaikan biaya layanan kesehatan dari waktu ke Waktu. Tantangan itu ternyata bukan hanya dikhawatirkan industri, tapi juga memengaruhi pemikiran anak-anak muda dalam mengejar mimpinya. Khususnya mahasiswa ilmu Kesehatan yang ingin memasuki industri.

Baca Juga

“Saat ini kebanyakan mahasiswa ilmu Kesehatan fokus membidik mimpinya bekerja pada layanan klinis saja, sementara peluang berkarier sesungguhnya cukup terbuka di industri terkait kesehatan lainnya," kata Harjito mengungkapkan.

Industri seperti asuransi Kesehatan menurut Harjito sesungguhnya dapat mejadi salah satu peluang menarik bagi mahasiswa ilmu Kesehatan. "Karena memiliki relasi kemampuan terkait ilmu kesehatan dan pengelolaan risiko masalah kesehatan,” kata dia menambahkan.