Kamis 29 Aug 2024 18:00 WIB

Jajak Pendapat: Muslim di AS Masih Hadapi Diskriminasi

Secara umum, pandangan positif terhadap Muslim dan Islam meningkat selama setahun ter

Red: Ani Nursalikah
Muslim Amerika berkumpul untuk melaksanakan sholat Tarawih di Times Square New York, Senin (11/3/2024) WIB. Puluhan warga muslim berkumpul di area Times Square, New York, Amerika Serikat (AS), untuk menjalankan sholat tarawih, menandai dimulainya bulan suci Ramadan. Beberapa jemaah di antaranya membawa bendera Palestina sebagai bentuk solidaritas untuk Gaza.
Foto: AP Photo/Yuki Iwamura
Muslim Amerika berkumpul untuk melaksanakan sholat Tarawih di Times Square New York, Senin (11/3/2024) WIB. Puluhan warga muslim berkumpul di area Times Square, New York, Amerika Serikat (AS), untuk menjalankan sholat tarawih, menandai dimulainya bulan suci Ramadan. Beberapa jemaah di antaranya membawa bendera Palestina sebagai bentuk solidaritas untuk Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sikap positif terhadap Muslim di kalangan warga Amerika menurun dan prasangka publik terhadap mereka tetap lebih tinggi daripada kelompok agama, etnis, atau ras lainnya, menurut sebuah jajak pendapat yang diterbitkan oleh The Brookings Institution.

Dirilis pada Selasa dan dilakukan antara 26 Juli dan 1 Agustus 2024, Jajak Pendapat Isu Kritis Universitas Maryland (UMDCIP) terdiri dari dua jalur. Satu jalur mengukur perubahan sikap publik Amerika terhadap Islam dan Muslim dan jalur kedua yang mempelajari prasangka terhadap kelompok ras, agama, dan etnis, termasuk Yahudi dan Muslim.

Baca Juga

Dilansir di Middle East Eye, Rabu (28/8/2024), secara umum, pandangan positif terhadap Muslim dan Islam meningkat selama setahun terakhir. Temuan tersebut menunjukkan penurunan menjadi 64 persen dari 78 persen dibandingkan dengan tahun 2022 terkait pandangan positif terhadap Muslim. Penurunan menjadi 48 persen dalam sikap positif terhadap Islam.

Pandangan positif terhadap Muslim menurun di kalangan Demokrat dan Republik, tetapi penurunan lebih tajam di kalangan Republik.

Pada bulan Februari 2024, 52 persen dari Partai Republik memandang Muslim secara positif, tetapi pada bulan Juli 2024, angka tersebut turun menjadi 46 persen. Untuk Partai Demokrat, penurunannya meningkat dari 83 persen pada bulan Februari menjadi 80 persen pada bulan Juli.

Survei tersebut mengambil sampel dari 1.510 orang dewasa Amerika dengan sampel tambahan 202 orang kulit hitam dan 200 orang Hispanik.

Sentimen anti-Muslim versus anti-Yahudi

Setelah perang Israel di Gaza, telah terjadi peningkatan dramatis dalam insiden kebencian dan prasangka terhadap orang Yahudi dan Muslim secara global. Prasangka terhadap orang Yahudi dan Yudaisme dimasukkan dalam jajak pendapat untuk pertama kalinya.

Di antara semua responden, pandangan positif terhadap Muslim berada pada angka 64 persen dan 48 persen untuk Islam, sementara itu berada pada angka 86 persen untuk orang Yahudi dan 77 persen untuk Yudaisme.

"Kesenjangan antara sikap terhadap orang dan agama bukanlah hal yang tidak biasa dan telah ditemukan secara konsisten dalam jajak pendapat kami sebelumnya, khususnya terhadap Muslim," kata jajak pendapat tersebut.

Faktor kunci lainnya adalah ras. Hanya sembilan persen orang kulit putih memandang orang Yahudi sebagai sesuatu yang tidak disukai, 37 persen orang kulit putih memandang orang Muslim sebagai sesuatu yang tidak disukai.

Di antara orang kulit hitam dan Hispanik, perbedaannya tidak terlalu mencolok dengan 29 persen orang kulit hitam memandang orang Muslim sebagai sesuatu yang tidak disukai, dan 21 persen untuk orang Yahudi. Untuk orang Hispanik, 33 persen memandang orang Muslim sebagai sesuatu yang tidak disukai, dengan 22 persen untuk orang Yahudi.

Pendidikan perguruan tinggi, keakraban, dan hubungan pribadi dengan orang Yahudi dan Muslim merupakan faktor pendukung signifikan yang mengarah pada pandangan yang lebih baik terhadap orang Yahudi dan Muslim, menurut jajak pendapat tersebut.

Kesenjangan generasi

Jajak pendapat tersebut menunjukkan orang Amerika yang lebih muda memiliki pandangan yang lebih baik terhadap orang Yahudi daripada Muslim secara keseluruhan, tetapi ada kesenjangan generasi. Orang Amerika yang berusia di bawah 30 tahun masih memiliki pendapat yang lebih baik tentang Muslim dan Islam daripada orang Amerika yang berusia 30 tahun ke atas.

Faktor-faktor yang menjelaskan tren ini masih perlu diselidiki, alasan pandangan yang kurang baik terhadap orang Yahudi di kalangan anak muda mungkin adalah fakta bahwa orang kulit putih cenderung memiliki pandangan yang lebih baik terhadap orang Yahudi daripada orang non-kulit putih, meskipun bagian orang kulit putih di antara orang Amerika yang lebih muda lebih kecil.

Prasangka terhadap Muslim juga lebih tinggi daripada kelompok lain dalam hal kontribusi yang mereka rasakan terhadap masyarakat Amerika, kata jajak pendapat tersebut.

Jajak pendapat menunjukkan hanya sepertiga (37 persen) orang Amerika yang percaya Muslim memperkuat masyarakat Amerika, sementara mayoritas orang Amerika mengatakan hal yang sama tentang setiap kelompok etnis, ras, dan agama lainnya.

Orang Amerika muda (di bawah 30 tahun) memiliki pandangan yang sama tentang sejauh mana Muslim dan Yahudi memperkuat masyarakat Amerika, tetapi orang Amerika yang lebih tua percaya bahwa orang Yahudi (55 persen) berkontribusi jauh lebih banyak pada masyarakat Amerika daripada Muslim (32 persen).

Angka terendah ditemukan di antara orang Amerika Republik yang lebih tua, dengan hanya 21 persen yang percaya Muslim berkontribusi pada masyarakat Amerika.

Sumber: Middle East Eye

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement