Selasa 03 Sep 2024 16:48 WIB

Unkris Latih Kelompok Ibu-Ibu Hasilkan Produk Olahan Ikan Lele

Program PKM ini berfokus pada tiga hal.

Red: Satria K Yudha
Unkris menjalankan program PKM di Kelurahan Duren Jaya, Bekasi Timur.
Foto: Unkris
Unkris menjalankan program PKM di Kelurahan Duren Jaya, Bekasi Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Universitas Krisnadwipayana (Unkris) memberdayakan kelompok ibu-ibu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka. Hal itu dilakukan  dalam program Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) tahun 2024 yang mahasiswa aktif beserta dosen fakultas ekonomi Unkris.

Dalam program itu, Unkris bekerja sama dengan Bina Karya Srikandi yang merupakan kelompok ibu-ibu rumah tangga di lingkungan RT 05 RW 13, Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. Bina Karya srikandi memiliki kreativitas dalam pemanfaatan lahan fasilitas umum menjadi nilai ekonomis bagi warganya melalui pembudidayaan ikan lele.

Ketua tim program Irwan Indriyanto menjelaskan, program ini dilaksanakan dengan berfokus pada tiga hal. “Yaitu peningkatan kualitas SDM mitra, peningkatan nilai ekonomis produk, dan pendampingan dalam program pemasaran produk,” kata Irwan dalam siaran pers, Selasa (3/9/2024).

Upaya peningkatan kualitas SDM Bina Karya Srikandi dilakukan melalui pelatihan–pelatihan creative thinking, community learning. Kemudian, fokus peningkatan nilai ekonomis dilaksanakan melalui mengolah produk lele menjadi produk olahan frozen food seperti bakso ikan.

Selain itu, dilakukan pemberian bantuan alat produksi, seperti fish meat bone separator, meat grinder, mixer, Vacuum sealer, mesin cetak bakso, dan dan chestfreezer.

Adapun program pendampingan pemasaran dilakukan melalui metode pelatihan dan pendampingan dalam hal produk dan kemasan serta mendampingi dalam pemanfaatan teknologi e-commerce untuk pemasarannya.

Dosen UNKRIS Yuaniko Paramitra berharap dengan adanya peningkatan nilai ekonomis produk dan pendampingan pemasaran dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Ketua Bina Karya Srikandi Deuis Anggraini menyambut baik program yang dilaksanakan UNKRIS. Ia berharap program ini terus berkelanjutan sehingga dapat membawa nilai kebaikan untuk masyarakat sekitar.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement