Selasa 03 Sep 2024 19:39 WIB

Usaha Coklat Binaan Rumah BUMN Nunukan Tembus Pasar Global Melalui Marketplace PLN Mobile

Berkat dukungan Rumah BUMN Nunukan, usaha semakin berkembang.

Red: Gita Amanda
Usaha Mikro Kecil (UMK) Regan Coklat yang didirikan oleh Rica Fatmawati (43 tahun) di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara kini berhasil menembus pasar internasional.
Foto: PLN
Usaha Mikro Kecil (UMK) Regan Coklat yang didirikan oleh Rica Fatmawati (43 tahun) di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara kini berhasil menembus pasar internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, NUNUKAN -- Usaha Mikro Kecil (UMK) Regan Coklat yang didirikan oleh Rica Fatmawati (43 tahun) di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara kini berhasil menembus pasar internasional. Sejak tahun 2020 dukungan dan pendampingan dari Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Nunukan dan marketplace PLN Mobile terbukti mampu membuat usaha yang bergerak di bidang kuliner ini berkembang pesat.

Rica memulai usaha coklat premium ini dari nol. Ia awalnya hanya menyasar pasar lokal. Namun berkat dukungan Rumah BUMN Nunukan, usaha ini makin berkembang hingga merambah pasar luar negeri dan menjadi tumpuan hidup yang menjanjikan.

Baca Juga

"Awalnya saya hanya mencari informasi tentang pengolahan cokelat di internet dan melihat peluang mengolah cokelat premium dengan bahan pangan lokal Nunukan, seperti rumput laut dan bawang dayak. Tidak mudah, banyak tantangan yang saya hadapi, mulai dari pemasaran hingga pengemasan produk," ungkap Rica.

Berbekal rasa ingin tahu yang besar dan kemauan yang kuat untuk mengembangkan produknya, Rica kemudian terlibat aktif dalam kegiatan Rumah BUMN Nunukan. Hal itu juga yang membuka kesempatan untuk Rica meningkatkan kualitas dan meluaskan pemasaran produk.