Kamis 05 Sep 2024 10:01 WIB

Penembakan di Sekolah Kembali Terjadi di AS, Empat Meninggal

Dua siswa dan dua guru meninggal dalam penembakan di Georgia tersebut.

Red: Fitriyan Zamzami
Polisi berkumpul di depan lokasi penembakan di Sekolah Menengah Apalachee, Rabu, 4 September 2024, di Winder, Georgia.
Foto: AP Photo/Mike Stewart
Polisi berkumpul di depan lokasi penembakan di Sekolah Menengah Apalachee, Rabu, 4 September 2024, di Winder, Georgia.

REPUBLIKA.CO.ID, GEORGIA – Seorang anak laki-laki berusia 14 tahun membunuh dua teman sekelasnya dan dua guru serta melukai sembilan lainnya dalam penembakan di sebuah sekolah menengah di Georgia pada Rabu (4/9/2024). Kejadian ini mengejutkan Amerika Serikat sebagai penembakan massal pertama di sekolahan sejak awal tahun ajaran.

Tersangka, yang telah diwawancarai oleh penegak hukum tahun lalu atas ancaman online tentang melakukan penembakan di sekolah, ditahan tak lama setelah penembakan di Sekolah Menengah Apalachee di Winder, Georgia, kata penyelidik.

Dia diidentifikasi sebagai Colt Gray, 14, dan akan didakwa serta diadili setelah dewasa, kata Chris Hosey, direktur Biro Investigasi Georgia, pada konferensi pers. Sheriff Barrow County Jud Smith mengatakan pria bersenjata itu, yang dipersenjatai dengan "senjata bergaya platform AR," atau senapan semi-otomatis, dengan cepat dihadang oleh deputi yang ditugaskan di sekolah tersebut dan tersangka segera turun ke tanah dan menyerah.

Saat ditangkap, tersangka berbicara dengan penyelidik, yang yakin dia bertindak sendirian, namun mereka menolak mengatakan apakah mereka tahu apa yang memotivasi dia.

Para pejabat mengidentifikasi mereka yang meninggal adalah dua siswa berusia 14 tahun, Mason Schermerhorn dan Christian Angulo, serta dua guru, Richard Aspenwall (39), dan Christina Irimie (53). Kesembilan dari mereka yang dirawat di rumah sakit diperkirakan akan pulih, kata Smith kepada wartawan. “Kejahatan murni menyebabkan apa yang terjadi hari ini,” kata Smith.

Biro Investigasi Federal kemudian mengeluarkan pernyataan yang mengungkapkan bahwa mereka telah menyelidiki ancaman online untuk melakukan penembakan di sekolah pada tahun 2023 dan penegak hukum setempat mewawancarai subjek berusia 13 tahun dan ayahnya di dekat Jackson County. Pernyataan tersebut tidak mengidentifikasi remaja tersebut, namun pejabat Georgia mengatakan pernyataan tersebut berkaitan dengan subjek yang ditahan.

photo
Warga menangis untuk siswa dan guru yang terbunuh dalam penembakan di Sekolah Menengah Apalachee, Rabu, 4 September 2024, di Winder, Georgia. - (AP Photo/Mike Stewart)

"Ayahnya menyatakan bahwa dia memiliki senjata berburu di rumah, namun subjek tidak memiliki akses tanpa pengawasan terhadap subjek tersebut. Subjek membantah melakukan ancaman secara online. Jackson County memperingatkan sekolah-sekolah setempat untuk terus memantau subjek tersebut," kata FBI, menambahkan bahwa tidak ada kemungkinan alasan untuk melakukan penangkapan.

Penembakan ini menghidupkan kembali perdebatan nasional mengenai pengendalian senjata dan curahan kesedihan yang terjadi di negara di mana ledakan semacam itu sering terjadi. Orang-orang di Winder, sebuah kota berpenduduk 18.000 jiwa, sekitar 80 km timur laut Atlanta, berkumpul di sebuah taman untuk berdoa pada Rabu malam.

Beberapa orang bersandar satu sama lain atau menundukkan kepala dalam doa, sementara yang lain menyalakan lilin untuk menghormati para korban.

"Kita semua terluka. Karena ketika ada sesuatu yang berdampak pada salah satu dari kita, maka hal itu akan berdampak pada kita semua," kata Power Evans, anggota dewan kota yang berpidato di pertemuan tersebut. "Saya tahu bahwa di sini malam ini, semua akan berkumpul. Kita akan saling mencintai. ... Kita semua adalah keluarga. Kita semua adalah tetangga."

Tanggapan Gedung Putih... baca halaman selanjutnya

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement