Senin 23 Sep 2024 07:08 WIB

Tujuh Keutamaan Sholat Dhuha, Salah Satunya Dapat Istana Emas di Surga

Ada banyak keutamaan yang didapatkan orang yang sholat Dhuha

Red: A.Syalaby Ichsan
Sholat dhuha (ilustrasi)
Foto: republika
Sholat dhuha (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Sholat Dhuha dikenal sebagai ibadah sunah bagi umat Islam yang dicontohkan Rasulullah SAW. Ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan seorang Muslim yang tidak pernah meninggalkan sholat Dhuha pada pagi hari. Manfaatnya ini tidak hanya untuk bekal di akhirat, tetapi juga dirasakan langsung di dunia. Di antara manfaatnya ini adalah melancarkan rezeki sekaligus sebagai amal sedekah terhadap setiap sendi-sendi di dalam tubuh kita.

Sholat Dhuha dapat dikerjakan paling sedikit dua rakaat dan paling banyak 12 rakaat. Adapun waktunya dimulai pada pagi hari setelah terbit matahari hingga menjelang waktu sholat Dzuhur. Dikutip dari buku Berkah Shalat Dhuha oleh M. Khalilurrahman Al Mahfani,  ada banyak manfaat lain jika kita rutin menjaga sunah sholat Dhuha. 

Baca Juga

1. Sholat Dhuha sebagai sedekah

"Setiap ruas dari anggota tubuh di antara kalian pada pagi hari, harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan semua itu dapat disepadankan dengan mengerjakan shalat Dhuha dua rakaat." (H.R. Muslim dari Abu Dzar)