Kamis 03 Oct 2024 04:50 WIB

Kalahkan Fadel Muhammad, Anak Menkumham Supratman Jadi Pimpinan MPR dari Kelompok DPD

Ahmad Muzani telah ditetapkan sebagai ketua MPR.

Rep: Bayu Adji P / Red: Teguh Firmansyah
DPD RI melakukan sidang paripurna untuk menentukan pimpinan MPR dari yang mewakili kelompok DPD di Gedung Nusantara V, kompleks parlemen Senayan, Rabu (2/10/2024).
Foto: Republika.co.id/Bayu Adji P
DPD RI melakukan sidang paripurna untuk menentukan pimpinan MPR dari yang mewakili kelompok DPD di Gedung Nusantara V, kompleks parlemen Senayan, Rabu (2/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DPD RI telah menentukan nama calon Wakil Ketua MPR RI yang akan diusulkan dalam sidang paripurna penetapan pimpinan MPR pada Kamis (3/10/2024) pagi. Nama calon pimpinan MPR yang akan mewakili kelompok DPD adalah Abcandra Muhammad Akbar Supratman, yang merupakan putra dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Supratman Andi Agtas.

Penentuan calon pimpinan MPR dari kelompok DPD itu dilakukan dengan cara voting dalam sidang paripurna penetapan kelompok DPD dan penetapan alat kelengkapan DPD, yang diikuti 143 senator. Jalannya sidang itu berlangsung sejak Rabu (2/10/204) sore hingga Kamis dini hari.

Baca Juga

Semula terdapat enam senator yang mengajukan diri menjadi pimpinan MPR dari kelompok DPD. Selain Abcandra, lima senator lain yang mengajukan diri adalah Fadel Muhammad, AA Ahmad Nawardi, Daud Yordan, Agustin Teras Narang, dan Maya Rumantir.

Dalam voting putaran pertama, AA Ahmad mendapatkan 13 suara, Daud 29 suara, Teras 17 suara, Maya satu suara, Abcandra 45 suara, dan Fadel 38 suara. Lantaran tak ada calon yang memperoleh 50 persen plus satu suara, dua calon dengan suara tertinggi harus menjalani voting putaran kedua.

Dalam voting putaran kedua itu, Abcandra berhasil mendapatkan 93 suara dari total 143 suara. Sementara Fadel mendapatkan 50 suara. Sedangkan satu suara yang masuk dinyatakan tidak sah.

Dengan hasil tersebut, Abcandra yang merupakan anggota DPD daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tengah itu menjadi calon Wakil Ketua MPR. “Dengan demikian, yang suara terbanyak dan dinyatakan terpilih untuk mewakili DPD di MPR RI, sebagai Wakil Ketua MPR RI adalah Abcandra Akbar,” kata Wakil Ketua DPD Tamsil Linrung yang menjadi pimpinan sidang, Kamis dini hari.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani juga telah terpilih menjadi Ketua MPR periode 2024-2029. Keputusan itu diambil setelah dilakukan rapat gabungan pimpinan MPR pada Rabu (2/10/2024) malam.

Ketua Fraksi PDIP MPR RI Ahmad Basarah mengatakan, keputusan itu diambil berdasarkan musyawarah yang dilakukan dalam rapat tersebut. Menurut dia, seluruh fraksi partai politik dan kelompok DPD sepakat memilih kader Partai Gerindra menjadi calon Ketua MPR RI.

"Dengan demikian, rapat paripurna MPR tanggal 3 Oktober 2024 pukul 10 pagi besok, tinggal menetapkan susunan pimpinan MPR yang baru, yang dipimpin oleh Haji Ahmad Muzani didampingi delapan wakil ketua MPR RI dari fraksi-fraksi partai politik dan kelompok DPD yang akan ditetapkan besok," kata dia, Rabu malam.

Diketahui, unsur pimpinan MPR akan berjumlah sembilan orang, yaitu satu ketua dan delapan wakil ketua. Para pimpinan akan mewakili masing-masing fraksi partai politik dan kelompok DPD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement