Kamis 03 Oct 2024 18:17 WIB

PDIP: Pertemuan Megawati dan Prabowo tak Bahas Urusan Transaksional

Said Abdullah memastikan, pertemuan Megawati dan Prabowo bukan transaksional.

Rep: Bayu Adji Prihammanda / Red: Erik Purnama Putra
Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Said Abdullah di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (16/8/2023).
Foto:

Anggota Fraksi PDIP DPR Said Abdullah menyatakan jumlah komisi di lembaga perwakilan rakyat itu akan mengalami penambahan untuk periode 2024-2029. Jumlah komisi yang saat ini terdapat 11 akan dimekarkan menjadi 13 untuk lima tahun ke depan.

Said mengatakan, jumlah 13 komisi itu telah disepakati oleh seluruh fraksi partai politik di DPR. Namun, mitra kerja dari masing-masing komisi masih belum ditentukan harus menunggu jumlah nomenklatur kementerian yang ditetapkan presiden terpilih, yang sepertinya bertambah dari saat ini 34.

"(Ada) 13 komisinya. Insya Allah kawan-kawan fraksi sudah firm," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis.

Said menjelaskan, bidang setiap komisi juga masih akan menunggu kementerian yang ada untuk lima tahun ke depan. Pasalnya, bidang yang dibawahi setiap komisi menyesuaikan dengan kementerian yang ada. "Bidangnya kan mesti menyesuaikan. Kalau bidangmu sudah tahu kan, berarti kementeriannya sudah tahu," kata Said.

Menurut dia, rencananya DPR akan menggelar rapat untuk menentukan bidang dari setiap komisi pada 13-15 Oktober 2024. Dengan begitu, harapannya setiap komisi akan siap bekerja ketika presiden terpilih dilantik dan menetapkan kabinetnya.

"Insya Allah tanggal 13, 14, 15 (Oktober), kami akan rapat dengan fraksi-fraksi dipimpin oleh pimpinan DPR supaya begitu presiden terpilih di DPR, sudah siap semua komisi," kata Said.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement