Selasa 08 Oct 2024 11:32 WIB

Istri Imran Meratap karena Diberikan Anak Perempuan, Maryam Perlihatkan Keajaiban

Keluarga Imran merupakan keluarga yang sangat mulia.

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
Tangan bayi (Ilustrasi)
Foto:

Setelah istri Imran melahirkan, dan ternyata yang lahir itu anak perempuan padahal yang diharapkan anak laki-laki, tampaklah diwajahnya kesedihan dan putuslah harapannya untuk melaksanakan nazarnya, dia berkata, “Ya Tuhanku, aku melahirkan anak perempuan.” 

Seolah-olah dia memohon ampun kepada Tuhan, bahwa anak perempuan itu tidak patut memenuhi nazarnya yaitu berkhidmat di Baitulmakdis. Tetapi Allah lebih mengetahui martabat bayi perempuan yang dilahirkan itu, bahkan dia jauh lebih baik dari bayi laki-laki yang dimohonkannya.

photo
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi membuka program beasiswa unggulan bagi para penghafal Alquran. - (Universitas Bina Sarana Informatika)

Allah SWT berfirman: 

 

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ اِنِّيْ وَضَعْتُهَآ اُنْثٰىۗ وَاللّٰهُ اَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْۗ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْاُنْثٰى ۚ وَاِنِّيْ سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَاِنِّيْٓ اُعِيْذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطٰنِ الرَّجِيْمِ

Artinya: "Ketika melahirkannya, dia berkata, “Wahai Tuhanku, aku telah melahirkan anak perempuan.” Padahal, Allah lebih tahu apa yang dia (istri Imran) lahirkan. “Laki-laki tidak sama dengan perempuan. Aku memberinya nama Maryam serta memohon perlindungan-Mu untuknya dan anak cucunya dari setan yang terkutuk.” (QS Ali Imran [3]:36)

Anak itu, Maryam kemudian menjadi salah satu wanita paling mulia dalam Islam. Dia dikenal karena ketakwaannya dan menjadi ibu dari Nabi Isa. Maryam disebutkan beberapa kali dalam Alquran sebagai wanita yang dipilih oleh Allah di atas wanita-wanita seluruh alam.

Nabi Isa sendiri merupakan nabi besar dalam Islam yang dilahirkan secara mukjizat oleh Maryam tanpa campur tangan seorang ayah. Dia dianggap sebagai nabi dan hamba Allah yang sangat mulia.

Jadi, keluarga Imran ini dipuji dalam Alquran karena ketakwaan dan keimanan mereka yang kuat kepada Allah. Surat Ali Imran banyak membahas tentang mereka, terutama mengenai Maryam dan Isa, serta keteladanan yang diberikan oleh keluarga ini dalam hal ketundukan kepada kehendak Allah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement