Sabtu 12 Oct 2024 12:14 WIB

Joe Biden Kirim Delegasi AS Hadiri Pelantikan Presiden Prabowo, Berikut Daftarnya

Linda Thomas-Greenfield, perwakilan AS untuk PBB yang akan memimpin delegasi.

Presiden Terpilih sekaligus Menhan Prabowo Subianto menerima kunjungan Dubes AS untuk Indonesia Kamala Shirin Lakhdhir.
Foto: Republika.co.id
Presiden Terpilih sekaligus Menhan Prabowo Subianto menerima kunjungan Dubes AS untuk Indonesia Kamala Shirin Lakhdhir.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan delegasi resmi kepresidenan ke Indonesia untuk menghadiri pelantikan Presiden Prabowo Subianto pada 20 Oktober 2024. Dikutip dari laman resmi Gedung Putih, Sabtu (12/10/2024), sejumlah pejabat sudah ditunjuk untuk berangkat ke Jakarta.

Mereka adalah Linda Thomas-Greenfield, selaku perwakilan AS untuk PBB yang akan memimpin delegasi tersebut. Adapun anggota delegasi adalah Duta Besar AS untuk RI Kamala Shirin Lakhdhir, Wakil Menteri Perdagangan AS Don Graves, Komandan Komando Indo-Pasifik AS Laksamana Samuel Paparo, Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel J Kritenbrink, serta Asisten Khusus Presiden dan Direktur Senior untuk Asia Timur dan Oseania Mira Rapp-Hooper.

Baca Juga

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden mengucapkan selamat kepada calon presiden pemenang Pilpres 2024 versi hitung cepat, Prabowo Subianto. Biden dalam surat ucapan selamatnya juga menyinggung ihwal stabilitas kawasan Indo-Pasifik.

Surat ucapan selamat itu berkop resmi Gedung Putih, Washington, tertanggal 12 Maret 2024. Surat tersebut diantar langsung kepada Prabowo oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEAN Yohannes Abraham, Kamis (14/3/2024).

Baca: Prabowo Terima Menhan Slovakia Bahas Teknologi NATO

"Saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada masyarakat Indonesia atas keberhasilan pemilu, sebuah bukti komitmen kita bersama terhadap demokrasi, dan kepada Anda atas keunggulan Anda dalam penghitungan suara pemilihan presiden. Saya menantikan pengumuman hasil resminya," kata Biden dalam surat itu.

Biden lantas menyebut, selama 75 tahun, Indonesia dan AS semakin terikat oleh nilai-nilai bersama serta visi demokrasi dan pluralistik bagi dunia. "Bersama-sama, kita juga telah menjaga stabilitas internasional, termasuk mewujudkan masa depan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, sejahtera, dan aman," ujar politikus Partai Demokrat AS itu.

Baca: Tiga Jet F-16 Lanud Roesmin Nurjadin Diterbangkan ke Jakarta

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement