Senin 14 Oct 2024 05:14 WIB

'Ababil' Tewaskan Empat Tentara Israel, Lukai Puluhan Lainnya

Ini serangan drone Hizbullah paling mematikan sejauh perang belakangan.

Tentara Israel membawa peti mati tentara yang terbunuh oleh Hizbullah di Lebanon, saat pemakamannya di Kiryat Ata, Israel, Ahad, 6 Oktober 2024. (Ilustrasi)
Foto: AP Photo/Baz Ratner
Tentara Israel membawa peti mati tentara yang terbunuh oleh Hizbullah di Lebanon, saat pemakamannya di Kiryat Ata, Israel, Ahad, 6 Oktober 2024. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,TEL AVIV – Empat tentara IDF tewas dalam serangan pesawat tak berawak Hizbullah pada Ahad malam di dekat Binyamina di wilayah pendudukan Israel. Tujuh tentara terluka parah dan dalam keadaan kritis.

Lima puluh satu tentara terluka dalam serangan di pangkalan militer, termasuk 9 orang yang terluka sedang. Sisanya mengalami luka ringan.

Baca Juga

Menurut penyelidikan awal atas serangan pesawat tak berawak di dekat Binyamina, Hizbullah meluncurkan dua pesawat tak berawak yang memasuki wilayah udara Israel dari laut, demikian yang diperoleh The Times of Israel. Itu adalah drone Mirsad, yang dikenal di Iran sebagai “Ababil-T”. 

Nama "Ababil" diambil dari sebutan untuk burung yang disebutkan dalam Alquran. Burung-burung itu dikirimkan Allah untuk menyerang tentara Abrahah saat mencoba menghancurkan Makkah pada tahun kelahiran Rasulullah SAW.

Model tersebut adalah drone bunuh diri utama Hizbullah. Menurut Alma Center, sebuah lembaga penelitian Israel yang berfokus pada tantangan keamanan di utara, drone tersebut memiliki “jangkauan serangan 120 kilometer, kecepatan tertinggi 370 kilometer per jam, kemampuan membawa hingga 40 kilogram bahan peledak, dan kemampuan untuk membawa bahan peledak hingga 40 kilogram. kemampuan terbang di ketinggian hingga 3.000 meter.” 

Keduanya terlacak oleh radar Israel, dan satu ditembak jatuh di lepas pantai utara Haifa. Sirene terdengar di wilayah Galilea barat. Pesawat dan helikopter IAF mengejar pesawat kedua, namun tidak terdeteksi radar dan pasukan Israel kehilangan jejak, kemungkinan besar karena pesawat tersebut terbang sangat dekat dengan tanah. 

Tidak ada sirene yang berbunyi karena diduga jatuh atau dicegat setelah menghilang. Drone tersebut akhirnya menyerang dekat Binyamina, melukai hampir 70 orang.

Hizbullah telah merilis pernyataan yang merinci bagaimana mereka melakukan serangan pesawat tak berawak di pangkalan militer yang menewaskan empat tentara Israel. “Dalam operasi kualitatif dan kompleks, pasukan rudal…meluncurkan puluhan rudal ke berbagai sasaran… dengan tujuan menduduki sistem pertahanan udara Israel,” kata pernyataan itu dilansir Aljazirah.

“Pada saat yang sama, angkatan udara Perlawanan Islam meluncurkan skuadron berbagai drone ke berbagai wilayah di Acre dan Haifa. Drone kualitatif tersebut mampu menembus radar pertahanan udara Israel tanpa terdeteksi dan mencapai sasarannya di kamp pelatihan Brigade elit Golani di wilayah Binyamina.

“Mereka meledak di ruangan di mana puluhan perwira dan tentara musuh Israel hadir yang sedang bersiap untuk berpartisipasi dalam serangan di Lebanon, termasuk perwira senior, yang mengakibatkan puluhan orang terbunuh dan terluka.”

Hizbullah juga mengatakan bahwa serangan pesawat tak berawak yang mematikan itu terjadi setelah kelompok tersebut memperingatkan bahwa serangan lanjutan di Lebanon akan menjadikan Haifa dan wilayah lain di Israel utara menjadi sasaran.

Kelompok tersebut mengatakan Israel melemahkan kemampuan Hizbullah sambil terus membombardir Lebanon dan membunuh anggotanya, termasuk mantan pemimpinnya Hassan Nasrallah. Apa yang Israel “saksikan hari ini di Haifa selatan hanyalah sebagian kecil dari apa yang akan terjadi jika Israel memutuskan untuk melanjutkan agresinya terhadap rakyat kami yang mulia dan terkasih”, tambah pernyataan itu.

20 tentara IDF tewas dan terluka di Lebanon Selatan…

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement