Senin 14 Oct 2024 20:28 WIB

Gus Yaqut Optimistis Wingchun Indonesia Jadi Juara Dunia

Gus Yaqut mendorong atlet Wingchun untuk dapat mengoptimalkan potensinya.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Yaqut Cholil Qoumas.
Foto: Antara/Rangga Pandu
Yaqut Cholil Qoumas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Federasi Wing Chun Indonesia (FWCI), Yaqut Cholil Qoumas atau yang biasa dipanggil Gus Yaqut optimistis atlet Indonesia dapat menjadi juara pada kejuaraan Wing Chun tingkat dunia yang akan digelar pada 9 November 2024 di Hongkong.

“Kita sudah pernah beberapa kali menjadi juara umum di pertandingan Wing Chun dunia. Jangan sampai lengah, jangan sampai kendor. Kita pastikan untuk kejuaraan dunia pada November ini juga harus menjadi the champion,” ujar Gus Yaqut dalam siaran pers yang diterima Republika di Jakarta, Senin (14/10/2024).

Baca Juga

Dia juga berharap pada kejuaraan yang dihelat Ving Tsun Athletic Association (VTAA) para atlet Wing Chun Indonesia dapat mengerahkan seluruh kemampuannya. “Kita tahu saat ini Indonesia mengalami kemajuan olahraga yang sangat signifikan. Salah satunya, sepak bola tentu saja. Wingchun Indonesia juga harus demikian, harus maju,” ucap Menteri Agama RI ini.

Dia pun mendorong para atlet untuk dapat mengoptimalkan potensinya. Menurut dia, hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Pemerintah Indonesia telah mencanangkan cita-cita tingginya, yaitu Indonesia Emas 2045. Cita-cita bukan angan-angan semata. Namun, cita-cita ini juga tujuan kita bersama untuk melangkah 21 tahun ke depan. Indonesia Emas 2045 sangat nyata dan yakin bisa kita capai,” kata Gus Yaqut

“Untuk sampai ke sana, kita harus menjadi manusia emas, manusia yang bernilai. Berprestasi dalam olahraga adalah bentuk kedisiplinan, patriotik, kematangan diri, berilmu, dan bernilai. Ini semua tentu dibutuhkan dalam melangkah menuju Indonesia Emas 2045,” jelas Gus Yaqut.

Sebelumnya, Pengurus Besar Federasi Wing Chun Indonesia (PB FWCI) menggelar Turnamen Wing Chun Indonesia (TWCI) pada 5-6 Oktober 2024 dalam rangka memperebutkan “Piala Ketua Umum Ke-3 Tahun 2024”. Ajang ini ini berlangsung di Gelanggang Olah Raga (GOR) UIN Sunan Ampel, Surabaya, diikuti 211 atlit dari 19 provinsi di Indonesia.

PB FWCI membuka dua jenis pertandingan yaitu Jurus Tangan Kosong, Jurus Senjata, dan Chi Sao Sport (Fighting). Dalam ajang bergengsi ini, Piala Ketua Umum Ke-3 Tahun 2024 dijuarai oleh Provinsi DKI Jakarta dengan perolehan delapan emas, lima perak, dan lima perunggu. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement