Jumat 18 Oct 2024 17:56 WIB

Viral Diduga Perempuan Mahluk Gaib Ikut Daftar Pengawas TPS Pilkada 2024 Majalengka

Diketahui perempuan itu memang pernah ada, tapi sudah meninggal dunia 20 tahun lalu

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Foto pena berdiri sendiri yang diklaim dipegang makhluk halus yang mendaftar sebagai panwascam di TPS di Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka.
Foto: Dok Republika
Foto pena berdiri sendiri yang diklaim dipegang makhluk halus yang mendaftar sebagai panwascam di TPS di Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka.

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA--Proses pendaftaran pengawas tempat pemungutan suara (TPS) dalam Pilkada Serentak 2024 Kabupaten Majalengka, diwarnai kejadian mistis. Kejadian itupun viral terutama di kalangan Panwascam di Kabupaten Majalengka.

Peristiwa mistis itu terjadi di Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka. Seorang wanita, yang kemudian diketahui telah meninggal dunia 20 tahun yang lalu, mendaftarkan diri sebagai pengawas TPS dalam Pilkada Serentak 2024.

Baca Juga

Kejadian itu terjadi menjelang waktu Magrib. Seorang wanita muda berparas cantik dan berkerudung, datang ke Sekretariat Panwascam Sukahaji untuk mendaftarkan diri sebagai pengawas TPS.

Anggota Panwascam Sukahaji, Muhamad Ibin Nugraha menjelaskan, saat itu staf Panwascam bernama Apendi, menemui wanita tersebut. Sesuai prosedur, warga yang ingin mendaftar sebagai pengawas diminta untuk mengisi formulir pendaftaran.

"Staf kami, Apendi juga memotret wanita itu untuk didokumentasikan. Foto itu kemudian dikirim ke grup WhatsApp Panwascam Sukahaji,’’ ujar Ibin, Jumat (18/10/2024).

Namun, anggota grup WA Panwascam Sukahaji pun mendadak heboh. Pasalnya, foto yang dikirimkan ke grup WA itu ternyata hanya menunjukkan pulpen yang berdiri, seperti sedang digunakan untuk menulis, tanpa ada sosok wanita tersebut. ‘’Padahal wanita itu ada di hadapan staf kami saat mendaftar,’’ kata Ibin.

photo
Foto pena berdiri sendiri yang diklaim dipegang makhluk halus yang mendaftar sebagai panwascam di TPS di Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka. - (Dok Republika)

Untuk memastikan identitas wanita misterius yang telah mengisi formulir pendaftaran tersebut, Panwascam Sukahaji pun meminta bantuan pengawas desa (PKD) Desa Jayi, Kecamatan Sukahaji, untuk mengeceknya. Hasilnya, diketahui bahwa wanita itu memang pernah ada. Namun, sudah meninggal dunia 20 tahun yang lalu. 

"Kami sangat terkejut ketika mendengar bahwa yang mendaftar itu wanita yang sudah meninggal,’’ kata Ibin.

Menurut Ibin, kejadian itu menjadi viral di kalangan keluarga besar Panwascam Sukahaji. Meski demikian, mereka tetap melanjutkan tugas sebagaimana biasanya. Saat ini, proses seleksi Pengawas TPS Panwascam Sukahaji masih berlangsung. "Semoga tidak ada lagi kejadian aneh seperti itu," katanya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement