Ahad 20 Oct 2024 10:58 WIB

Warga Padati Pesta Rakyat, Antusias Rayakan Pelantikan Prabowo-Gibran

Terdapat 13 titik panggung rakyat yang digelar di Jakarta.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Suasana pesta rakyat untuk memeriahkan pelantikan Prabowo-Gibran di kawasan Bundaran HI, Ahad (20/10/2024).
Foto: Dok. Republika/Gumanti Awaliyah
Suasana pesta rakyat untuk memeriahkan pelantikan Prabowo-Gibran di kawasan Bundaran HI, Ahad (20/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pesta rakyat digelar untuk memeriahkan acara pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI. Terdapat 13 titik panggung rakyat yang digelar di sepanjang Jalan Sudirman hingga Monas pada Ahad (20/10/2024).

Pesta rakyat dimulai pada pukul 08.00 dan dan terbuka untuk umum. Salah satu lokasi panggung pesta rakyat ada di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), di mana warga tumpah ruah memadati kawasan ini sedari pagi. Warga menikmati berbagai hiburan yang tersedia, dan berpose di berbagai banner selamat atas pelantikan Prabowo-Gibran.

Baca Juga

Seorang warga bernama Rina mengaku datang bersama keluarganya ke kawasan HI sedari pagi. Menurut Rina, dia awalnya datang ke HI untuk melihat langsung pesta rakyat.

"Datang sama suami dan anak. Pengen nonton aja, banyak hiburan juga," kata Rina kepada Republika.co.id pada Ahad (20/10/2024).

Warga lainnya, Abdul mengatakan bahwa dia hadir ke pesta rakyat karena ingin melihat langsung Presiden terpilih Prabowo Subianto. Abdul mengaku dia datang dari Bogor.

"Dari Bogor, saya nyoblos Prabowo. Jadi mau lihat beliau sekarang," kata Abdul.

Ia pun berharap, Presiden Prabowo bisa menepati janji-janji politiknya terutama membuka lapangan pekerjaan. "Ekonomi lagi susah, kerjaan susah, jadi saya harap Prabowo bisa merubah ini semua," kata Abdul.

Dari pantauan Republika.co.id di lapangan terdapat dua panggung besar di kawasan HI, tepatnya di depan Plaza Indonesia dan di depan Hotel Mandarin Oriental. Selain itu, terdapat juga agenda bazaar pasar murah UMKM, atraksi budaya dan lainnya.

Berdasarkan keterangan dari penyelenggara, pesta rakyat ini dirancang dengan mengusung persatuan. Acara ini juga menonjolkan kekayaan budaya Indonesia melalui berbagai panggung bertema lima pulau besar di Indonesia dan dua panggung besar dengan tema Nusantara dan Merah Putih.

Setelah dilantik di Gedung MPR, Prabowo-Gibran akan melakukan iring-iringan di sepanjang jalan Sudirman hingga Monas. Selain itu, Prabowo-Gibran dijadwalkan bakal menghampiri semua panggung dan menyapa warga.

“Pak Prabowo dan Mas Gibran nanti diagendakan pulang dari DPR akan menyambangi panggung satu per satu, menyapa satu per satu,” kata Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, dalam keterangannya kepada wartawan pada Jumat lalu.

Sementara itu, beberapa ruas jalan juga ditutup selama pesta rakyat. Dinas Perhubungan Jakarta menyatakan, ada empat jalan yang ditutup total yaitu Jalan Sudirman, Jalan Thamrin, Jalan Merdeka Barat, serta Jalan Majapahit sisi Timur.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement