REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Filantra meraih penghargaan dalam ajang International Association of Business Communicators (IABC) 2024 Indonesia Chapter atas komitmennya dalam mendukung keanekaragaman hayati melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) dan filantropi. Penghargaan tersebut dianugerahkan di Hotel Shangri-La Jakarta pada Jumat (13/12/2024).
Komitmen melestarikan keanekaragaman hayati atau biodiversity menjadi salah satu misi sustainability yang konsisten dipegang Filantra. Hal tersebut merupakan bagian dari salah satu pilar program Filantra yakni Animal Welfare.
Capaian tersebut turut didukung oleh strategi komunikasi terpadu Filantra yang menitikberatkan pesan keanekaragaman hayati melalui berbagai saluran, termasuk digital, cetak, dan implementasi program CSR dan Filantropi yang dijalankan. Penghargaan yang diraih tersebut berasal dari kategori Impactful Communications Awards (ICOMMA) untuk subkategori Best Sustainability Communication.
“Kami tentunya berkolaborasi dengan mitra-mitra korporat dan balai konservasi dalam mewujudkan komitmen untuk melestarikan keanekaragaman hayati ini,” tutur Head of Marketing Communications Filantra, Ai Ratih Rusmayanti dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (13/12/2024).
Penghargaan Best Sustainability Communication diberikan atas program komunikasi Filantra bertajuk “Protecting Our Biodiversity Treasure”.
Kampanye itu menonjolkan komitmen Filantra dalam menciptakan aksi konkret dalam menjaga dan mendukung keanekaragaman hayati Indonesia melalui program CSR dan campaign crowdfunding yang dikelola Filantra dengan tujuan untuk menjaga kelestarian spesies terancam punah seperti Harimau Sumatera, Dugong, Elang Jawa, dan lainnya.
"Selamat untuk Filantra yang sudah mengikuti IABC Awarding Night 2024. Semoga terus menginspirasi untuk menyuarakan suara sustainability di Indonesia," kata Jeane Sindy Niode, Head of Committee IABC Indonesia Awards.
Ajang IABC Indonesia Awards merupakan bagian dari IABC global yang berpusat di Chicago, IL, Amerika Serikat. Secara global, IABC telah hadir lebih dari 50 tahun dan memiliki hingga 100 chapter yang tersebar di lebih dari 80 negara dengan jumlah anggota 5000 profesional di bidang Komunikasi Bisnis, Public Relations, Keberlanjutan, dan Komunikasi Korporasi lintas sektor, mulai dari swasta, pemerintahan, hingga lembaga nirlaba.
Sebagai anggota dari Global Alliance , IABC memiliki prinsip-prinsip dasar komunikasi bertaraf internasional. Dan ajang kompetisi IABC Indonesia Awards ini bertujuan agar gaung dan validasi keahlian perusahaan dapat terdengar dan mudah dikenali secara global. Hal ini meningkatkan reputasi dan kredibilitas perusahaan tak hanya di Indonesia, namun juga mendunia.
“Kami terus berupaya mengembangkan program-program CSR yang dapat mendukung misi sustainability dalam SDGs dan menjaga kelestarian keanekaragaman hayati bersama mitra-mitra loyal kami. Dan strategi komunikasi yang relevan sangat dibutuhkan agar dapat menghasilkan dampak positif berkelanjutan. Terima kasih IABC atas kepercayaannya, ini menambah semangat kami untuk terus menggaungkan misi sustainability lebih luas lagi,” terang Asep Nurdin, CEO Filantra.
Untuk diketahui, Filantra merupakan konsultan CSR dan pemberdayaan yang telah berdiri selama 9 tahun dengan komitmen untuk terus berupaya mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) melalui kerjasama pentahelix dalam program CSR, TJSL, pengembangan masyarakat dan filantropi bersama dengan berbagai perusahaan baik BUMN, swasta, multinasional dan lainnya.