Selasa 23 Sep 2014 16:16 WIB

65 Persen Pengguna Facebook Pantau Linimasa di Kasur

Red: Yudha Manggala P Putra
Facebook
Foto: REUTERS
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rupanya Facebook benar-benar sudah merasuk ke dalam aktivitas sehari-hari masyarakat Indonesia. Mereka mengakses Facebook saat membuka dan menutup mata.

Itu terbukti dari riset yang dilakukan oleh Taylor Nelson Sofres (TNS) berjudul "TNS Insight Report" pada 19 Juli-31 Agustus 2013 lalu. Sebanyak 65 persen pengguna Facebook mengakses media sosial itu dari atas tempat tidur.

Jejaring pertemanan buatan Mark Zuckerberg itu juga dibuka saat mereka sedang menonton TV. Jumlahnya sebanyak 41 persen. Sedang 28 persen mengakses Facebook ketika mereka berlibur.

"Mau tidur dan bangun tidur kebanyakan pengguna Facebook ini cek postingan di News Feed, sementara layar Facebook ini sudah jadi second screen, orang mengakses dua layar sekaligus sambil nonton TV," terang Direktur Bisnis TNS Indonesia, Astiti Suhirman di Jakarta, Senin (23/9).

TNS telah melakukan penelitian ini di Jabodetabek, Surabaya, Bandung dan Medan terhadap 1002 responden. Selama 25 menit survey ini dilakukan dengan tatap muka kepada responden yang berusia di atas 16 tahun.

Terungkap pula melalui survey yang dibiayai oleh Facebook ini bahwa orang menghabiskan lebih banyak waktu dan di lebih banyak tempat dengan Facebook. Frekuensi masyarakat Indonesia mengakses Facebook adalah 5,7 kali per minggu.

Jumlah ini jauh lebih sering dibanding aktivitas online dan media tradisional lainnya. Jumlah ini juga hampir menyamai frekuensi penggunaan televisi, yaitu 6 kali seminggu.

"Itu artinya hampir tiap hari dalam seminggu, Bedanya, TV tidak sepanjang hari, waktu malam penggunanya makin tinggi, kalau Facebook relatif konsisten sepanjang hari," jelas Astiti.

Lebih rinci lagi, sebanyak 15 persen responden penelitian ini mengkonfirmasi bahwa mereka lebih memilih untuk memeriksa atau memperbarui status Facebook. Hal itu mendominasi dibanding komsumsi media tradisional, seperti membaca Koran (6 persen) dan membaca majalah (4 persen).

Berdasarkan data dari Facebook, Indonesia adalah negara keempat dengan pengguna aktif terbesar di dunia. Indonesia berada di bawah Amerika Serikat, Brasil, dan India. Jumlah pengguna Facebook di Indonesia saat ini sebesar setengah populasi Jawa atau 69 juta jiwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement