Kamis 31 Jan 2019 13:02 WIB

12 Fakta Mencengangkan Seputar Alam Semesta, Sudah Tahu?

Dengan pengetahuan saat ini, manusia belum mampu tahu jumlah pasti bintang di langit

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Luar Angkasa
Foto:
Astronot (ilustrasi)

Jejak Kaki Astronaut Apollo Bisa Bertahan 100 Juta Tahun

Karena bulan tak memiliki atmosfer, tak ada angin maupun air yang dapat menghapus jejak para astronaut Apollo di bulan. Dengan kata lain, semua jejak kaki hingga jejak pesawat luar angkasa di permuakaan bulan akan tetap bertahan untuk waktu yang sangat lama.

Meski begitu jejak-jejak ini tak akan bertahan untuk selamanya akrena bulan tetap memiliki lingkungan yang dinamis. Salah satunya, bulan cukup sering 'dibombardir' dengan micrometeorit yang dapat menyebabkan erosi pada bulan meskipun dengan waktu yang cukup lama.

99 Persen Massa Tata Surya adalah Matahari

Massa matahari mendominasi massa keseluruhan dari tata surya. Inilah yang membuat seluruh planet di tata surya bergerak mengelilingi matahari.

Secara teknis, matahari merupakan bintang deretan utama tipe G. Artinya, tiap detik matahari meleburkan sekitar 600 juta tn hidrogen menjadi helium. Matahari juga mengubah sekitar 4 juta ton beragam unsur menjadi energi sebagai produk sampingan.

Paparan Energi Matahari Melebihi Penggunaan

Dalam 15 tahun terakhir, penggunaan energi matahari di Bumi meningkat 20 persen per tahun. Menurut Yale Environment 360, ada tambahan kapasitas energi matahari sebesar 30 persen yang dibangun pada 2017. Dengan kata lain, ada sekitar 98,9 gigawatt energi matahari yang diproduksi tahun itu.

Meski terkesan banyak, jumlah energi matahari yang diproduksi tak sebanding dengan penggunaannya. Bila dibandingkan, produksi energi matahari hanya 0,7 persen dari total pengggunaan energi listrik tahunan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement