Jumat 04 Jul 2014 21:46 WIB

Bayar Token Listrik dan Pantau Kuota Bisa Dengan Ponsel

Kerja sama PLN dan XL Axiata
Kerja sama PLN dan XL Axiata

REPUBLIKA.CO.ID, PT XL Axiata Tbk (XL), meluncurkan Layanan Meter Listrik Pintar Dua Arah, sebagai solusi efektif bagi pelanggan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Solusi inovatif ini merupakan buah keberhasilan dari sinergi XL dengan PT PLN Persero dan PT Sistem Mikro Elektronik Cerdas Co-Design (SMC). Layanan Listrik Pintar menawarkan kemudahan bagi pelanggan dalam melakukan pengisian ulang token listrik.

 Peluncuran ini ditandai dengan penandatanganan kerjasama oleh Presiden Direktur XL – Hasnul Suhaimi, Direktur Utama PLN, Nur Pamudji, dan Direktur Utama PT SMC, Burhanuddin Razak, di Jakarta (3/7). Melalui kerjasama ini, XL menjadi operator telekomunikasi pertama di Indonesia yang meluncurkan Layanan Meter Listrik Pintar Dua Arah dari PLN.

Presiden Direktur XL – Hasnul Suhaimi mengatakan pelanggan dapat dengan mudah mengisi ulang token listrik melalui ponsel. ''Kami berharap, kerjasama ini akan memberikan pengalaman baru bagi pelanggan serta menguatkan bisnis XL M2M di pasar korporasi dan mengukuhkan XL menjadi operator pertama dalam memasarkan layanan Listrik Pintar dari PLN,” kata Hasnul.

Layanan Listrik Pintar Dua Arah ini dikembangkan berdasarkan pengalaman pelanggan listrik yang sering menemui kesulitan saat melakukan pengisian token listrik. Dengan berorientasi pada kebutuhan pelanggan listrik akan sistem yang andal dan otomatis, layanan ini memiliki fitur-fitur yang sangat beragam.

Fitur-fitur yang disediakan antara lain fitur notifikasi “low credit” untuk informasi sisa kuota listrik minimal, fitur pengisian token otomatis tanpa melakukan “key in” kode token di Meter Listrik, dan fitur notifikasi kondisi Meteran Listrik jika terjadi pencurian (tamper).

PLN sebagai penyedia layanan Listrik Pintar terus berupaya untuk mewujudkan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya “Melalui penggunaan Meter Listrik dengan Komunikasi Dua Arah ini, selain sebagai sebuah inovasi layanan, juga sebagai upaya untuk meningkatkan layanan bagi pelanggan pengguna Listrik Pintar” ujar Direktur Utama PLN, Nur Pamudji.

 

Layanan listrik pintar dua arah terdiri dari Meter Listrik Pintar, Modul Komunikasi Data untuk komunikasi dua arah, serta perangkat telekomunikasi berupa modem dan SIM card. Dengan menggunakan Layanan Listrik Pintar Dua Arah ini, saat jumlah kredit listrik pelanggan mencapai nilai minimal, kartu perdana XL yang tertanam di modem pelanggan akan mengirimkan notifikasi “low credit” secara otomatis ke nomor ponsel pelanggan.  Sementara untuk mendapatkan token listrik, pelanggan dapat membelinya di ATM atau modern channel yang menyediakan token listrik prabayar PLN.

Layanan Listrik Pintar Dua Arah baru dapat dinikmati oleh pelanggan khusus, yaitu pelanggan pengguna listrik prabayar dengan daya 2200 VA ke atas, seperti pelanggan korporasi dari berbagai segmen. Korporasi yang dapat menggunakan layanan ini antara lain adalah penyedia mesin ATM, billboard, menara BTS, vending machine dan Penerangan Jalan Umum.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement