Jumat 03 Feb 2012 09:45 WIB

Hutan Bakau Pesisir Riau Rusak Parah

Red: Dewi Mardiani
Mangrove rusak
Mangrove rusak

REPUBLIKA.CO.ID, PAKANBARU -- Hutan bakau di wilayah pesisir Riau mengalami kerusakan yang cukup parah. Direktur Kepolisian Perairan Polda Riau, Kombes Pol Lukas Gunawan mengaku prihatin terhadap kondisi hutan bakau di sana. Kondisinya, hutan bakau itu terus mengalami kegundulan.

"Setiap melakukan patroli di perairan, terutama untuk wilayah pesisir Riau yang berbatasan dengan Selat Malaka, terlihat kondisi hutan yang cukup tragis. Kegundulan di mana-mana," kata Lukas di Pekanbaru, Jumat (3/2).

Beberapa wilayah hutan bakau atau mangrove yang mengalami kegundulan cukup parah menurut dia melanda pinggiran pantai sejumlah pulau di Kabupaten Bengkalis, Meranti, dan Kota Dumai. "Informasi di lapangan, kegundulan hutan bakau ini disebabkan maraknya pembalakan dari warga sekitar dengan tidak melakukan penanaman kembali," ujarnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِذْ تَمْشِيْٓ اُخْتُكَ فَتَقُوْلُ هَلْ اَدُلُّكُمْ عَلٰى مَنْ يَّكْفُلُهٗ ۗفَرَجَعْنٰكَ اِلٰٓى اُمِّكَ كَيْ تَقَرَّ عَيْنُهَا وَلَا تَحْزَنَ ەۗ وَقَتَلْتَ نَفْسًا فَنَجَّيْنٰكَ مِنَ الْغَمِّ وَفَتَنّٰكَ فُتُوْنًا ەۗ فَلَبِثْتَ سِنِيْنَ فِيْٓ اَهْلِ مَدْيَنَ ەۙ ثُمَّ جِئْتَ عَلٰى قَدَرٍ يّٰمُوْسٰى
(Yaitu) ketika saudara perempuanmu berjalan, lalu dia berkata (kepada keluarga Fir‘aun), ‘Bolehkah saya menunjukkan kepadamu orang yang akan memeliharanya?’ Maka Kami mengembalikanmu kepada ibumu, agar senang hatinya dan tidak bersedih hati. Dan engkau pernah membunuh seseorang, lalu Kami selamatkan engkau dari kesulitan (yang besar) dan Kami telah mencobamu dengan beberapa cobaan (yang berat); lalu engkau tinggal beberapa tahun di antara penduduk Madyan, kemudian engkau, wahai Musa, datang menurut waktu yang ditetapkan,

(QS. Taha ayat 40)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement