Senin 19 Dec 2016 16:26 WIB

Ada Uang Baru, Masyarakat Belum Banyak Tahu

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri
 Warga menunjukan uang rupiah baru saat peluncuran uang baru di Blok M Square, Jakarta, Senin (19/12).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Warga menunjukan uang rupiah baru saat peluncuran uang baru di Blok M Square, Jakarta, Senin (19/12).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Hari ini pemerintah resmi menerbitkan uang pecahan dengan desain baru. Meski demikian belum semua masyarakat di daerah tahu bahwa ada uang pecahan yang baru.

Saat Republika menunjukkan foto uang pecahan baru kepada warga Batu bernama Yogi Pramata, ia mengaku belum pernah melihatnya. Karyawan sebuah hotel di Kota Wisata Batu itu mengaku baru pertama kali melihat uang pecahan tersebut. "Saya belum tahu kalau ada uang baru, ini malah baru pertama kali melihat," katanya kepada Republika, Senin (19/12). Sebelumnya ia tidak pernah membaca adanya penerbitan uang baru atau menerima informasi berantai dari pesan singkat.

Yogi mengatakan ia lebih menyukai desain uang pecahan yang lama. "Mungkin karena baru pertama kali melihat makanya belum terbiasa dengan desain uang yang baru," imbuhnya.

Kepala BI Kanwil Malang Dudi Herawadi mengatakan meskipun pecahan baru sudah diluncurkan, pecahan rupiah lama masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah. "Bagi masyarakat Malang yang ingin menukarkan uang pecahan baru bisa datang ke BI mulai hari ini," jelas Dudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement