Senin 16 Jul 2018 23:46 WIB

Gorontalo Kembangkan Obyek Wisata Karang Putih

Sarana dan prasarana wisata Karang Putih dinilai masih kurang.

Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi.
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, akan mengembangkan obyek wisata karang putih di Desa Lamu, Kecamatan Batudaa Pantai.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Senin (16/7), mengatakan kawasan objek wisata Karang Putih memiliki pantai yang indah untuk wisatawan, namun sarana dan prasarananya masih ada yang kurang.

"Seperti belum tersedianya sarana akomodasi bagi wisatawan, serta akses jalan aspal yang mengalami kerusakan di sejumlah ruas jalan," ujar Nelson.

Menurutnya, pantai Karang Putih masih membutuhkan upaya pengembangan agar bisa bersaing dengan daerah tujuan wisata lain.

"Pengembangan pantai Karang Putih dilakukan agar nantinya dapat memberikan manfaat yang lebih optimal kepada masyarakat sekitar maupun kepada wisatawan yang berkunjung," ucapnya.

Untuk itu, menurut dia, hadirnya gerakan masyarakat peduli wisata (Gema Pesta) penting untuk mendorong masyarakatnya mendukung potensi wisata.

"Dengan pengembangan tersebut, wisata ini akan lebih optimal selain itu peran serta masyarakat juga penting untuk menjaga dan merawat objek wisata yang ada," kata dia.

Nelson mengungjapkan selama ini pengembangan pariwisata terlupakan, padahal potensinya besar. Ia berharap dengan dibangunnya jalan nasional di daerah itu dapat mendongkrak dan menjadi peluang berkembangnya sektor pariwisata di sana.

"Saya minta kepada Dinas pariwisata agar ini terus dikembangkan. Satu saran saya, Dinas Pariwisata mengambil bagian perencanaan, sedangkan yang membangun dan mengembangkan adalah desa yang diperkuat dengan Peraturan Desa (Perdes) sehingga PAD-nya masuk ke desa itu sendiri," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement