Rabu 04 Nov 2020 18:58 WIB

Pengurangan Hadiah Turnamen Tenis akan Berlanjut pada 2021

Lopez merasa petenis beruntung bisa mendapatkan mata pencaharian di tengah pandemi.

Red: Endro Yuwanto
(Foto: ilustrasi turnamen Tenis ATP)
Foto: Wikipedia
(Foto: ilustrasi turnamen Tenis ATP)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petenis asal Spanyol Feliciano Lopez, sekaligus direktur turnamen ATP di Madrid, memprediksi situasi pandemi akan memperpanjang pengurangan jumlah hadiah uang di turnamen tenis. Setidaknya pengurangan hadiah bisa berlangsung hingga awal tahun depan.

Paris Masters, yang dimainkan pekan ini tanpa penonton, juga mengalami penurunan hadiah yang signifikan. Kendati pemotongan telah dilakukan pada sejumlah turnamen jelang agenda terakhir ATP 1000 tahun ini.

"Saya ingin menjelaskan, mungkin ini yang terbaik yang bisa kami miliki sekarang. Kami harus menyadari situasi yang sedang dihadapi dunia dan setiap orang menghadapi masa-masa menantang ini," kata Lopez yang akan menghadapi rekan senegaranya Rafael Nadal di babak kedua Paris Masters, Rabu (4/11).

Lopez paham hadiah uangnya mengalami penurunan yang signifikan. Tetapi menurutnya, itu akan tetap terjadi hingga awal tahun 2021. "Karena saya tidak melihat virusnya hilang. Jadi untuk saat ini saya tidak melihat harapan pada hadiah uang," kata petenis peringkat ke-64 ATP itu seperti dilaporkan Reuters.

Lopez merasa petenis beruntung bisa mendapatkan mata pencaharian di tengah pandemi dan harus menghargai upaya penyelenggara turnamen di tengah masalah kesehatan dan kondisi ekonomi yang sulit.

Petenis berusia 39 tahun itu mengatakan, pekerjaannya sebagai direktur turnamen "sangat menantang" tetapi juga membantunya melihat banyak hal dari sudut pandang penyelenggara.

Meski tak lagi muda, namun Lopez mengaku tidak terlintas sedikit pun untuk gantung raket. Lopez mencapai peringkat tertinggi dalam karier tenisnya dengan menduduki peringkat 12 pada tahun 2015.

"Saya siap untuk memainkan jadwal penuh lagi (pada 2021). Saya merasa hebat di lapangan. Sepertinya saya masih bisa bersaing dan tampil melawan petenis terbaik di dunia," tutup Lopez.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement