Senin 24 May 2021 15:00 WIB

Perkenalkan Pendiri Ethereum: Vitalik Buterin, Usia 27 Tahun

Pendiri Ethereum, Vitaly 'Vitalik' Buterin menjadi miliarder kripto termuda dunia versi Forbes. Vitalik lahir pada tahun 1994. Selengkapnya baca di sini.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Mengenal Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, Miliarder Kripto Termuda yang Baru Berusia 27 Tahun (Foto: BLOOMBERG FINANCE LP)
Mengenal Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, Miliarder Kripto Termuda yang Baru Berusia 27 Tahun (Foto: BLOOMBERG FINANCE LP)

Pendiri Ethereum, Vitaly 'Vitalik' Buterin menjadi miliarder kripto termuda dunia versi Forbes. Vitalik lahir pada tahun 1994 di kota kecil yang indah di Kolomna, 100 km dari Moskow, dan pindah bersama orang tuanya ke Kanada pada usia enam tahun.

Sebagai seorang anak, orang tuanya mendorongnya untuk belajar piano dan mengajaknya bermain ski, tetapi kegiatan seperti itu bukanlah hal yang disukainya. Hati Buterin terletak pada pemrograman dan, sejak usia sepuluh tahun, dia mulai menulis mini-game sendiri.

Baca Juga: Mengintip Seluk Beluk Perceraian Sang Miliarder Dunia, Benarkah Ini yang Bikin Bill Gates Digugat?

“Saya mulai membuat kode saat saya berusia lima atau enam tahun. Tapi, saya baru serius tentang itu pada usia sepuluh atau dua belas tahun. Saya mulai menulis berbagai jenis permainan. Saya memiliki komputer Windows 95 lama dan buku tentang pemrograman dalam C ++ dengan Allegro . Di situlah semuanya dimulai," kata Buterin dalam sebuah wawancara dengan Xakep.ru yang dikutip dari Russia Beyond di Jakarta, Senin (24/5/21).

Di sekolah, Buterin selalu berusaha mendapatkan nilai A. Dia ingat pernah terobsesi dengan belajar. Bahkan, banyak orang yang membicarakannya sebagai jenius matematika.

“Ada begitu banyak momen ketika saya menyadari, seperti, oke, mengapa saya tidak bisa menjadi seperti orang normal dan mendapatkan rata-rata 75% seperti orang lain," kata Buterin dalam percakapan dengan Wired Magazine.

Pada tahun 2011, Vitalik mengetahui tentang Bitcoin dari ayahnya, Dmitry, seorang ilmuwan komputer. Saat itu, Vitalik sudah mengikuti lebih dari satu Olimpiade Informatika Internasional, bahkan meraih juara keempat di salah satunya.

“Ayah memberi tahu saya tentang mata uang menarik ini yang tidak dapat dikendalikan oleh pemerintah atau bank sentral. Pikiran pertama saya adalah: 'Bagaimana sistem seperti itu ada jika hanya berupa angka di komputer? Seberapa besar nilai yang mereka miliki? 'Tiga minggu kemudian, saya menemukan Bitcoin secara online dan memutuskan untuk menjelajahi topik ini lebih dalam," ujarnya.

Kemudian, programmer muda itu mulai menulis artikelnya sendiri tentang Bitcoin dan blockchain untuk forum dan situs web khusus. Pada tahun yang sama, 2011, dia ikut mendirikan publikasi Bitcoin Magazine.

"Saya menulis di berbagai forum khusus sampai saya menemukan seorang pria yang mulai membayar saya dalam Bitcoin untuk menggunakan artikel saya di blognya Bitcoin sepertinya menyatukan semua minat saya: matematika, ilmu komputer, pemrograman, kriptografi," kata Buterin dalam sebuah wawancara untuk saluran YouTube Abra, sebuah perusahaan cryptocurrency.

Akhirnya, pada tahun 2013, Buterin merancang konsep platform blockchain Ethereum dan mata uang kripto. Tahun sebelumnya, dia mendaftar di Universitas Waterloo di Kanada, tetapi keluar untuk mengerjakan proyek mata uang kripto.

“Pada tahun 2012, saya keluar dari perguruan tinggi dan melakukan perjalanan ke berbagai tempat di mana proyek Bitcoin sedang berlangsung. Saya berakhir di Israel. Banyak orang di sana berfokus pada teknologi blockchain untuk hal-hal selain koin,” kata Vitalik.

Vitalik pun akhirnya membuat platform tunggal dengan bahasa pemrogramannya sendiri. Dia menguraikan strategi proyek tersebut dan mengirimkannya ke 15 teman untuk mendapatkan umpan balik. Dua minggu kemudian, sekitar 20 orang secara sukarela membantu Buterin melaksanakan proyek tersebut.

Vitalik mengumpulkan uang untuk peluncuran dengan cara: Orang-orang mengirim satu Bitcoin dengan imbalan 2.000 Eter, karena mata uang Ethereum mulai dikenal, alhasil Buterin mengumpulkan 30.000 BTC, atau USD18,5 juta pada nilai tukar 2013.

Pada tahun 2014, ia memenangkan Penghargaan Teknologi Dunia dalam kategori Perangkat Lunak TI, di mana nominasi lainnya termasuk tokoh-tokoh seperti Mark Zuckerberg. Pada tahun yang sama, Vitalik menerima hibah USD100.000 dari yayasan co-creator PayPal, Peter Thiel.

Buterin dan tiga pendirinya, Mihai Alisie, Anthony Di Iorio, dan Charles Hoskinson, meluncurkan Ethereum pada Juli 2015.

Ethereum pada dasarnya adalah satu sistem yang memungkinkan pengguna membuat aplikasi dan melakukan transaksi tanpa perantara. Ethereum hanya dapat dibeli dengan Bitcoin: satu Bitcoin, seorang pengguna baru menerima 2.000 Ether. Setelah 42 hari perdagangan, Ethereum telah menjual Ether senilai 31.000 BTC, atau USD18,4 juta, menurut situs web Eyerys.

Pada tanggal peluncuran proyek, satu Ether bernilai USD2,90; setahun kemudian harganya menjadi USD10-11 dan, dua tahun kemudian, pada tahun 2017, harganya berfluktuasi di kisaran USD160–271.

Perusahaan besar, seperti IBM, Goldman Sachs, JP Morgan dan lainnya mulai bekerja dengan sistem tersebut. Pada Maret 2016, kapitalisasi proyek mencapai USD1 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement