Senin 23 Aug 2021 18:03 WIB

Rusia Tunda Misi Luna-25 Hingga Mei 2022

Luna-25 misi pertama Rusia ke bulan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Rusia Tunda Misi Luna-25 Hingga Mei 2022. Pesawat yang akan diluncurkan pada misi Luna 25 milik Rusia.
Foto: roscosmos
Rusia Tunda Misi Luna-25 Hingga Mei 2022. Pesawat yang akan diluncurkan pada misi Luna 25 milik Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Peluncuran stasiun antarplanet otomatis Luna-25 dari Vostochny Cosmodrome telah dikonfirmasi ulang dan dijadwalkan peluncuran kedua yang mungkin akan dilakukan pada Mei 2022.

Pergeseran ke jendela peluncuran kedua disebabkan oleh kebutuhan mengonfirmasi lebih lanjut karakteristik perangkat Luna-25, rakitan dan sistem propulsi yang dinyatakan, terungkap selama pengujian darat, dalam kondisi sedekat mungkin dengan luar angkasa yang dapat dicapai di Bumi.

Baca Juga

Tes yang saat ini selesai, yang sangat penting untuk pengembangan eksperimental berbasis darat dari pesawat ruang angkasa, mengungkapkan perlunya penelitian tambahan, termasuk dengan mempertimbangkan kondisi balistik penerbangan ke Bulan. Bahkan dengan mempertimbangkan fakta pesawat ruang angkasa sekarang dilengkapi dengan instrumen dan sistem standar, ada kebutuhan untuk melakukan pemeriksaan untuk memastikan keandalan yang diperlukan dari misi pertama Rusia ke Bulan.

Dilansir dari Parabolic Arc, Senin (23/8), langkah-langkah tersebut akan memungkinkan spesialis Roscosmos untuk memeriksa fungsi peralatan onboard, termasuk menguji sambungan listrik komponen, perilaku dan sesi tipikal sesuasi dengan urutan penerbangan, dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang ditemukan selama tes darat.

Proyek luar angkasa Luna-25 sedang dibuat menggunakan pencapaian terbaru di bidang instrumentasi ruang angkasa dan dengan mempertimbangkan pengalaman ekspedisi Bulan sebelumnya dari NPO Lavochkin (bagian dari Roscosmos). Selain itu, sebagai bagian dari persiapan misi Luna-25, direncanakan untuk menerapkan langkah-langkah tambahan dengan mempertimbangkan rekomendasi setelah analisis hasil peluncuran MLM Nauka.

Proyek ini membuka program bulan Rusia jangka panjang, yang mencakup misi untuk mempelajari Bulan dari orbit dan permukaan, mengumpulkan dan mengembalikan tanah bulan ke Bumi, serta membangun pangkalan bulan yang dikunjungi dan melakukan pengembangan skala penuh satelit Rusia di masa depan, termasuk bekerja sama dengan Administrasi Luar Angkasa Nasional China dalam proyek skala besar untuk membuat Stasiun Bulan Ilmiah Internasional.

Pesawat ruang angkasa Luna-25 terdiri dari dua bagian struktural utama. Bagian bawah adalah modul pendaratan dengan kaki pendukung yang memastikan kontak yang aman dengan permukaan. Sistem propulsi stasiun juga diperbaiki di atasnya, memastikan koreksi lintasan penerbangan, perlambatan selama deorbiting dan pendaratan lunak.

Bagian atas adalah kompartemen instrumen tanpa tekanan. Ini berisi panel surya, radiator sistem kontrol termal, peralatan elektronik stasiun, instrumen ilmiah dan sumber energi. Tugas utama misi ini adalah mengembangkan teknologi pendaratan lunak dasar di wilayah sirkumpolar dan melakukan studi kontak di wilayah tertentu di Kutub Selatan Bulan.

Ekspedisi luar angkasa Luna-25 merupakan langkah penting dalam eksplorasi luar angkasa. Ini akan memungkinkan mencapai tingkat kualitatif baru dalam eksplorasi Bulan dan memberikan sudut pandang yang berbeda dari prospek pengembangan planet Tata Surya, untuk memahami mekanisme genesis planet, penampilan air dan, akibatnya, kehidupan di Bumi.

 

http://www.parabolicarc.com/2021/08/22/russia-postpones-luna-25-mission-by-six-months-to-may-2022/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement