Rabu 02 Feb 2022 15:14 WIB

KSAL Lantik Laksdya Agung Jadi Pangkoarmada RI pada 3 Februari 2022

Yudo menjelaskan, Koarmada RI nantinya membawahi Koarmada I, II, dan III.

Rep: Flori Anastasia Sidebang/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.
Foto: ANTARA /M Risyal Hidayat
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono rencananya akan melantik Laksamana Madya Agung Prasetiawan sebagai Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) pada Kamis (3/2/2022). Yudo mengatakan, pelantikan itu adalah tindak lanjut dari Surat Keputusan (Skep) Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022.

"Skep Panglima TNI sudah terbit, sehingga harus kita laksanakan untuk pengangkatan Panglima Komando Armada RI," kata Yudo di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (2/2/2022).

Baca Juga

Yudo menjelaskan, Koarmada RI nantinya membawahi Koarmada I, II, dan III. Dia menyebut, dalam pelaksanaan bidang operasional Koarmada RI nantinya dibawah kewenangan Panglima TNI, sedangkan pembinaannya berada dibawah wewenang KSAL.

"Jadi hampir sama fungsinya dengan Koarmada I, II, III. Namun, karena ini Koarmada RI, sehingga dia membawahi operasionalnya Komando Armada I, II, III," jelas Yudo.

Dia menuturkan, untuk sementara markas Koarmada RI bakal berada di Jakarta. "Nanti di sebelahnya Koarmada I yang dulu pernah jadi kantor Kogabwilhan (I). Jadi nanti berikutnya akan kita rencanakan ke depan," tutur Yudo.

Koarmada RI akan dijabat oleh seorang perwira tinggi (pati) TNI AL bintang tiga. Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengungkapkan alasan pembentukan lima satuan baru di tubuh TNI yang salah satunya adalah Koarmada RI. Andika menyebut, pembentukan satuan-satuan baru itu merupakan usulan dari masing-masing matra, yakni AL, AU, dan AD.

Selain itu, pembentukan satuan baru tersebut juga telah diamanatkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI. "Itu usulan dari masing-masing angkatan. Memang menjadikan command control atau komando pengendalian itu menjadi utuh," kata Andika di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/1/2022).

Andika pun menunjuk Laksdya Agung Prasetiawan sebagai Panglima Koarmada RI pertama. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Laksdya Agung sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pusat Hidrografi dan Oseanografi Angkatan Laut (Danpushidrosal). Komando Armada RI pun akan membawahi Komando Armada I, II, dan III yang bermarkas di Jakarta, Surabaya, dan Sorong.

Adapun tiga Pangkoarmada I, II, dan III masing-masing diduduki Laksda Arsyad Abdullah, Laksda Iwan Isnurwanto, dan Laksda Irvansyah. Ketiganya mendapat tugas mengamankan kedaulatan wilayah laut di bagian barat, tengah, dan timur NKRI.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَاَ نُوْحٍۘ اِذْ قَالَ لِقَوْمِهٖ يٰقَوْمِ اِنْ كَانَ كَبُرَ عَلَيْكُمْ مَّقَامِيْ وَتَذْكِيْرِيْ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ فَعَلَى اللّٰهِ تَوَكَّلْتُ فَاَجْمِعُوْٓا اَمْرَكُمْ وَشُرَكَاۤءَكُمْ ثُمَّ لَا يَكُنْ اَمْرُكُمْ عَلَيْكُمْ غُمَّةً ثُمَّ اقْضُوْٓا اِلَيَّ وَلَا تُنْظِرُوْنِ
Dan bacakanlah kepada mereka berita penting (tentang) Nuh ketika (dia) berkata kepada kaumnya, “Wahai kaumku! Jika terasa berat bagimu aku tinggal (bersamamu) dan peringatanku dengan ayat-ayat Allah, maka kepada Allah aku bertawakal. Karena itu bulatkanlah keputusanmu dan kumpulkanlah sekutu-sekutumu (untuk membinasakanku), dan janganlah keputusanmu itu dirahasiakan. Kemudian bertindaklah terhadap diriku, dan janganlah kamu tunda lagi.

(QS. Yunus ayat 71)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement