Senin 11 Apr 2022 02:38 WIB

Sebanyak 150 Sumur Milik Warga Mukomuko Mengering

Warga yang memiliki sumur bor diharapkan membantu kebutuhan air tetangganya.

Red: Agus raharjo
Warga melintas didepan sumur yang mengering di Jakarta, Senin (3/8). (Ilustrasi)
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Warga melintas didepan sumur yang mengering di Jakarta, Senin (3/8). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MUKOMUKO--Sedikitnya 150 sumur milik warga Desa Medan Jaya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengering. Kondisi ini terjadi akibat musim panas yang melanda wilayah ini sejak tiga pekan terakhir.

"Sekitar 150 sumur milik 150 keluarga warga di Desa Medan Jaya yang kering, termasuk sumur di rumah kades," kata Kepala Desa Medan Jaya, Kecamatan Ipuh, Afrizal, dalam keterangannya di Mukomuko, Ahad (10/4/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan hal itu menanggapi jumlah sumur gali di wilayahnya yang mengering akibat musim panas yang melanda wilayah ini sejak tiga pekan terakhir. Sebanyak 600 kepala keluarga di wilayah ini, sebanyak 150 sumur gali milik warga di Desa Medan Jaya yang mengering akibat musim panas yang melanda wilayah ini sejak tiga pekan terakhir.

Afrizal mengatakan, hampir selama tiga pekan wilayah ini dilanda musim panas, lalu ada hujan satu malam dan sumur terisi, tetapi sumur kembali mengering setelah dua hari panas. Ia menyatakan, meskipun ratusan sumur milik warga di wilayah ini mengering akibat musim panas, namun sebagian besar warga tersebut belum mengalami kesulitan air bersih.

Kalangan warga yang sumurnya mengering di wilayah yang berada sejauh 100 kilometer dari ibu kota kabupaten ini masih bisa mendapatkan air bersih di sumur bor milik tetangganya. Selain itu juga ada sumur bor milik pemerintah desa setempat dan di masjid.

Menurut Afrizal, ada sebagian warga setempat yang memanfaatkan sungai di wilayah ini untuk mandi dan mencuci, sedangkan kebutuhan untuk memasak mereka beli dari pedagang air. Afrizal mengatakan, pemerintah desa tahun ini telah menyediakan sumur bor untuk sejumlah warga yang berada di lokasi sumur bor. Sedangkan warga yang berada jauh bisa mendapatkan air bersih di sumur bor tetangganya.

"Warga yang memiliki sumur bor di wilayah ini diimbau agar membantu tetangganya yang membutuhkan air bersih, bagi warga yang membutuhkan air bisa mendapatkan di rumah tetangganya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement