Selasa 03 May 2022 20:37 WIB

Menengok Suasana Salon An-Nisa di Lapas Perempuan Klas II A Malang

Jelang Idul Fitri, permintaan layanan perawatan di Salon An-Nisa meningkat.

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Friska Yolandha
Kegiatan layanan salon di Lapas Perempuan Klas II Malang. Pada salon tersebut nampak warga binaan sedang mendapatkan perawatan rambut.
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Kegiatan layanan salon di Lapas Perempuan Klas II Malang. Pada salon tersebut nampak warga binaan sedang mendapatkan perawatan rambut.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Ada banyak aktivitas yang dilakukan warga binaan Lapas Perempuan Kelas II A Malang. Salah satunya terlihat dari aktivitas perawatan rambut di Salon An-Nisa yang nampak dipenuhi beberapa pelanggan dari warga binaan lapas. 

Salon An-Nisa tidak seperti salon pada umumnya. Tempat perawatan rambut ini terletak di tengah-tengah blok Lapas perempuan Kelas II Malang. Ada pengamanan dan jeruji besi yang harus dilalui untuk bisa melihat salon tersebut.

Baca Juga

Salon An-Nisa sudah berdiri di Lapas Perempuan Malang sejak 2018 lalu. Para pekerja di salon tersebut terdiri atas dua warga binaan. Salah satu pegawai salonnya dikenal dengan nama Rusmiati. 

Rusmiati mengaku sudah melayani perawatan di Salon An-Nisa sejak 2018. Di tempat ini, dia melayani warga binaan yang hendak merawat diri terutama bagian rambutnya. "Bahkan kita juga melayani perawatan ibu-ibu petugas lapas," jelas perempuan berusia 50 tahun tersebut kepada wartawan di Lapas Perempuan Kelas II A Malang, Jumat (29/4/2022).

Saat ini jumlah permintaan layanan perawatan di Salon An-Nisa mengalami peningkatan. Terlebih dengan datangnya Hari Raya Idul Fitri selama beberapa waktu ke depan. Pada akhir pekan, dia bisa melayani tiga sampai empat orang di Lapas. 

Perempuan asal Surabaya ini menegaskan, jumlah pelanggan di salon sangat dibatasi per harinya. Untuk hari biasa, dia hanya bisa menerima maksimal dua pelanggan. Perawatan di hari-hari tersebut biasanya dimulai sejak pukul 11.00 sampai 15.30 WIB.

Sementara itu, Rusmiati dan temannya membatasi maksimal empat pelanggan pada akhir pekan. Khusus pada jadwal tersebut, Salon An-Nisa dibuka mulai pukul 08.30 sampai 15.30 WIB.

Untuk bisa mendapatkan perawatan di salon, konsumen harus melakukan reservasi. Mereka harus melakukannya minimal tiga hari sebelum perawatan. "Kita tidak bisa menerima banyak-banyak karena menyesuaikan kegiatan di lapas juga," jelasnya.

Salon An-Nisa sendiri menyediakan layanan perawatan rambut dengan berbagai pilihan. Hal ini dimulai dari potong rambut, creambath, masker rambut, semir, toning hingga smoothing. Harga yang ditawarkan beragam yakni dari Rp 15 ribu sampai Rp 350 ribu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement