Kamis 09 Jun 2022 22:20 WIB

Grealish Utarakan Perbandingan antara Guardiola dan Southgate 

Grealish menjabarkan kelebihan dan kekurangan dari keduanya.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Jack Grealish dari Manchester City memegang trofi di atas panggung saat para penggemar menyaksikan parade pemenang saat tim merayakan memenangkan gelar Liga Premier Inggris di Manchester, Inggris, Senin, 23 Mei 2022.
Foto: AP/Jon Super
Jack Grealish dari Manchester City memegang trofi di atas panggung saat para penggemar menyaksikan parade pemenang saat tim merayakan memenangkan gelar Liga Premier Inggris di Manchester, Inggris, Senin, 23 Mei 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Jack Grealish mengatakan dirinya telah bermain terlalu aman selama ini di Manchester City. Grealish secara terang-terangan membandingkan manajer City Pep Guardiola dengan manajer Inggris Gareth Southgate. Menurutnya ia bisa lebih bebas mengeksplorasi bersama Southgate di timnas Inggris. 

Grealish harus belajar menyesuaikan permainannya di musim pertamanya di City. Ia juga mengaku berada di bawah tekanan pada pertandingan akhir musim untuk memenangkan gelar Liga Primer Inggris. Itu membuat tim mempertahankan penguasaan bola di sepertiga akhir daripada mengambil risiko yang membuatnya mendapatkan bayaran 100 juta poundsterling saat bergerak dari Aston Villa.  

Baca Juga

Namun, ia tampil impresif dalam cameo 20 menit untuk Inggris melawan Jerman, di mana ia membantu pasukan Southgate menyamakan kedudukan. Grealish mengakui bahwa dia diizinkan bermain dengan lebih banyak kebebasan untuk negaranya, dan menguraikan ambisinya untuk membawanya kembali ke Etihad di bawah asuhan Guardiola. 

"Saya merasa seperti saya bermain dengan lebih banyak kebebasan di sini (dengan Inggris)," kata Grealish dikutip Manchester Evening News, Kamis (9/6/2022). "Itulah yang diminta manajer untuk saya lakukan - teruslah menjadi diri saya sendiri dan coba ciptakan dan itulah yang saya lakukan," ujarnya. 

"Saya merasa kadang-kadang saya bermain sedikit aman di City – tetapi ketika saya datang ke sini, saya merasa seperti dalam latihan. Saya merasa seperti saya bermain dengan lebih banyak kebebasan di sini dan mudah-mudahan saya dapat mentransfernya ke dalam sepak bola klub saya dan terus berkembang," kata Grealish. 

Lebih detail tentang gaya kontras antara Southgate dan Guardiola, Grealish mengklarifikasi bahwa komentar kebebasannya tidak ditujukan untuk salah satu manajer secara khusus. Menurutnya, kedua pelatih itu adalah dua orang yang berbeda, jadi akan selalu sulit untuk membandingkannya karena keduanya merupakan yang terbaik. 

"Pep jauh lebih terstruktur. Anda tidak bisa mengeluh karena apa yang dia lakukan dalam permainan, betapa suksesnya dia. Sedangkan Gareth lebih tentang apa pun yang Anda pikirkan," ujarnya. 

"Jelas Anda memiliki formasi dan struktur, tetapi dia mengatakan kepada saya jika Anda merasa perlu pergi ke sisi lain lapangan untuk mendapatkan bola, maka pergilah dan lakukan itu. Itu bukan bagian dari kebebasan. Kebebasan lebih dalam diri saya. Semoga saya bisa mencoba mentransfernya ke City," kata Grealish. 

"Saya tidak berbicara dengan (Guardiola di akhir musim). Kami tertawa dan bercanda tentang hal-hal tertentu, itulah permainannya, hanya hal-hal tentang diri kami sendiri, dan jelas saya akan berbicara dengannya tahun depan ketika saya mendapatkannya kembali, tapi saya baik-baik saja, sejujurnya, saya menikmati diri saya di City," kata dia menambahkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement