Kamis 15 Sep 2022 14:26 WIB

Mampu Robek Gawang City, Bellingham Dapat Pujian dari Guardiola

Guardiola memantau kemampuan Bellingham saat masih berusia 17 tahun.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Didi Purwadi
Pemain Borussia Dortmund Jude Bellingham merayakan gol pertama timnya dalam pertandingan grup G Liga Champions antara Manchester City dan Borussia Dortmund di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Rabu, 14 September 2022.
Foto: Tim Goode/PA via AP
Pemain Borussia Dortmund Jude Bellingham merayakan gol pertama timnya dalam pertandingan grup G Liga Champions antara Manchester City dan Borussia Dortmund di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Rabu, 14 September 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Borussia Dortmund terpaksa gigit jari usai kembali dari lawatan ke markas Manchester City pada laga kedua penyisihan Grup G Liga Champions, Kamis (15/9) dini hari WIB. Sempat unggul terlebih dahulu, De Borussens akhirnya harus mengakui keunggulan tuan rumah 1-2.

Dortmund membuka keunggulan via gol dari Jude Bellingham pada menit ke-56. Sebuah sepakan keras gelandang asal Inggris itu mampu merobek gawang The Citizens. Namun, itu menjadi satu-satunya gol Dortmund di laga ini. Pada sisa laga, tepatnya pada menit ke-80 dan 84, City berhasil mencetak dua gol sekaligus.

Terlepas dari keberhasilan anak-anak asuhnya bangkit dan menutup laga dengan kemenangan, pelatih City, Pep Guardiola, mengaku terkesan dengan performa Bellingham di laga tersebut. Mengaku sempat memantau kemampuan Bellingham saat masih berusia 17 tahun, tepatnya kala masih memperkuat Birmingham City, Guardiola cukup terkejut dengan perkembangan yang ditunjukan Bellingham.

''Saya sudah terkesan dengan kemampuannya saat baru berusia 17 tahun. Kini, dia berkembang dengan sangat pesat dalam usia 19 tahun,' ujar Guardiola seperti dikutip Liverpool Echo, Rabu (15/9).

Dari aspek kemampuan dalam bertahan, Guardiola bahkan menyebut, Bellingham bisa mengimbangi permainan dua gelandang The Citizens di laga tersebut, Ilkay Gundogan dan Kevin de Bruyne. Pelatih asal Spanyol itu juga menilai, Bellingham mampu mengawal transisi permainan dengan begitu baik.

Pun dengan kemampuan Bellingham dalam mencari celah di lini belakang. ''Secara bertahan, dia bisa mengikuti Gundogan ataupun Kevin dan menang dalam beberapa duel,'' katanya.

''Dia juga bisa memimpin transisi permainan dengan pesat. Selain itu, dia mampu menempatkan diri dengan baik di posisi kedua. Lihatlah bagaimana gol itu terjadi. Dia adalah pemain yang luar biasa,'' kata eks pelatih Barcelona tersebut.

Kemampuan Bellingham mulai dilirik klub-klub besar Eropa sejak tampil apik bersama Birmingham City. Sempat disebut-sebut masuk radar sejumlah klub Liga Primer Inggris, Bellingham akhirnya memilih bergabung ke Borussia Dortmund pada 2020. Dengan nilai transfer mencapai 25 juta poundsterling, Bellingham menjadi pemain berusia 17 tahun termahal sejagat.

Bellingham pun tidak perlu waktu lama untuk bisa mengamankan satu tempat di tim utama Dortmund. Dalam dua musim awal memperkuat Dortmund, Bellingham sudah mengemas 90 penampilan di semua ajang. Sedangkan pada musim ini, Bellinham sudah tampil di sembilan laga dan menyumbang tiga gol. 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُلْ اَنَدْعُوْا مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ مَا لَا يَنْفَعُنَا وَلَا يَضُرُّنَا وَنُرَدُّ عَلٰٓى اَعْقَابِنَا بَعْدَ اِذْ هَدٰىنَا اللّٰهُ كَالَّذِى اسْتَهْوَتْهُ الشَّيٰطِيْنُ فِى الْاَرْضِ حَيْرَانَ لَهٗٓ اَصْحٰبٌ يَّدْعُوْنَهٗٓ اِلَى الْهُدَى ائْتِنَا ۗ قُلْ اِنَّ هُدَى اللّٰهِ هُوَ الْهُدٰىۗ وَاُمِرْنَا لِنُسْلِمَ لِرَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ
Katakanlah (Muhammad), “Apakah kita akan memohon kepada sesuatu selain Allah, yang tidak dapat memberi manfaat dan tidak (pula) mendatangkan mudarat kepada kita, dan (apakah) kita akan dikembalikan ke belakang, setelah Allah memberi petunjuk kepada kita, seperti orang yang telah disesatkan oleh setan di bumi, dalam keadaan kebingungan.” Kawan-kawannya mengajaknya ke jalan yang lurus (dengan mengatakan), “Ikutilah kami.” Katakanlah, “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang sebenarnya); dan kita diperintahkan agar berserah diri kepada Tuhan seluruh alam,

(QS. Al-An'am ayat 71)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement