Senin 26 Sep 2022 22:35 WIB

Sebanyak 40 Orang PMI Asal Kota Sukabumi Bertolak ke Australia

Diharapkan dari 40 LPK yang ada akan kembali menghasilkan SDM ke luar negeri

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi melepas keberangkatan siswa LPK Bina Suara Sehati bekerja ke Australia di Gedung Korpri Kota Sukabumi, Senin (26/9/2022).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi melepas keberangkatan siswa LPK Bina Suara Sehati bekerja ke Australia di Gedung Korpri Kota Sukabumi, Senin (26/9/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Sebanyak 40 orang pekerja migran Indonesia (PMI) asal Sukabumi dikirim ke negara Australia. Rencananya, mereka akan bekerja di sektor perkebunan, pabrik, dan hotel di negara kanguru tersebut.

Pemberangkatan sebanyak 40 orang siswa Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bina Suara Sehati ke negara Australia dilakukan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Gedung Korpri Kota Sukabumi, Senin (26/9/2022). '' Pemberangkatan siswa ke Australia ini menunjukkan terbukanya peluang kerja ke luar negeri khususnya Australia,'' ujar Ketua Himpunan Lembaga Latihan Seluruh Indonesia (HILLSI) Kota Sukabumi Hendra Bachtiar.

Baca Juga

Pemberangkatan 40 orang ke Australia ini melalui Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) resmi dan berharap bisa memberikan pengalaman kepada puluhan orang tersebut. Sebelumnya, pada masa pandemi terjadi vakum pengiriman dan tahun ini dibuka kembali. '' Sehingga perlu diapresiasi dengan mempersiapkan SDM unggul,'' kata Hendra. Namun, pengiriman harus melalui lembaga resmi dan jangan sampai tidak resmi.

Di mana, HILLSI membawahi LPK sebagai penyalur pekerja baik dalam dan luar negeri. Di Kota Sukabumi, anggota HILLSI sebanyak 40 anggota dan yang aktif 22 LPK.

Sebab lanjut Hendra, selama Covid ada LPK tidak optimal. Harapannya pasca pandemi dari 40 LPK kembali aktif dalam mencetak SDM sesuai kebutuhan luar negeri.

Direktur LPK Bina Suara Sehati, Rahdis Panji Pratama menambahkan, para PMI yang telah dikontrak selama tiga tahun akan bekerja disektor perkebunan, pabrik dan hotel diwilayah Adelaide. Pemberangkatan para pekerja ini diharapkan dapat berjalan dengan lancar.

'' Pemkot memberikan apresiasi atas pemberangkatan 40 orang siswa LPK Bina Suara Sehati ke Australia,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Harapannya hal ini memotivasi dan memberikan inspirasi bagi para kalangan milenial dan pemuda untuk tidak ragu bekerja di luar negeri.

Namun dengan syarat LPK yang memberangkatkan resmi dan terdaftar sehingga tidak bermasalah dan terjamin keselamatannya. Fahmi mengatakan, ekonomi secara global belum baik-baik saja. meskipun pascapandemi harus ada perbaikan-perbaikan

'' Kepada 40 orang yang berangkat, saya titipkan pesan manfaatkan kesempatan ini dengan baik yang bekerja di bidang pertanian, pabrik, dan hotel,'' kata Fahmi. Selain itu diharapkan bisa beradaftasi dengan baik ketika di negara Australia.

'' Mari sama-sama memahami semangat pribahasa di mana bumi dipijak, disana langit dijunjung,'' kata Fahmi. Di mana, adaptasi dengan kondisi di Australia dengan tetap menjaga nilai budaya sendiri.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement