Kamis 29 Sep 2022 21:14 WIB

Pemkot Buka Layanan Jemput Bola di Satu Tempat Sekaligus, KTP, SIM Hingga Samsat

Masyarakat yang tidak ke Disdukcapil dapat ke pasar mengurus Si Jempol Lentik

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Upaya mendekatkan layanan kepada warga terus dilakukan oleh pemerintah daerah. Salah satunya di Kota Sukabumi yang menggencarkan layanan jemput bola layanan baik KTP elektronik (KTP-El), SIM, dan Samsat di lokasi yang sama.
Foto: istimewa
Upaya mendekatkan layanan kepada warga terus dilakukan oleh pemerintah daerah. Salah satunya di Kota Sukabumi yang menggencarkan layanan jemput bola layanan baik KTP elektronik (KTP-El), SIM, dan Samsat di lokasi yang sama.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Upaya mendekatkan layanan kepada warga terus dilakukan oleh pemerintah daerah. Salah satunya di Kota Sukabumi yang menggencarkan layanan jemput bola layanan baik KTP elektronik (KTP-El), SIM, dan Samsat di lokasi yang sama.

Misalnya pada Kamis (29/9/2022) ini digelar di Kompleks Danalaga Square di Jalan Pajagalan, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi. '' Kegiatan hari ini berkolaborasi dengan samsat, dan layanan SIM kepolisian serta Disdukcapil untuk KTP-El,'' ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi kepada Republika saat meninjau layanan, Kamis siang.

Baca Juga

Seperti diketahui untuk perekaman dan pencetakan KTP-El dilakukan petugas Disdukcapil Kota Sukabumi. Sementara pembayaran pajak kendaraan dilakukan Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (Samsat) Kota Sukabumi Bapenda dan layanan SIM oleh Polres Sukabumi Kota.

Menurut Kardina, lokasi siap jemput bola pelayanan (Si Jempol) lengkapi identitas kependudukan (Lentik) ini digelar di pusat pertokoan dan pasar tradisional. Harapannya masyarakat yang tidak bisa ke kantor disdukcapil bisa sambil ke pasar mengurusnya di lokasi Si Jempol Lentik.

Di mana layanan di lokasi itu untuk perekaman KTP-El baru maupun untuk pencetakan KTP-El yang rusak maupun hilang. Layanan ini gratis dan warga tidak dipungut biaya.

Selain itu kata Kardina, dapat membantu Samsat dan petugas SIM. Misalnya ketika ada masalah data kependudukan bisa langsung ditangani disana. '' Animo warga untuk mengurus KTP di lokasi Si Jempol Lentik tinggi,'' kata Kardina.

Sebab ketika dibuka pada pukul 09.00 WIB sudah ada 30 orang warga yang mendapatkan layanan kependudukan khususnya KTP. Bahkan lanjut Kardina, harapan masyarakat ingin terus berlanjut layanan tersebut di sana. Sehingga layanan itu akan dibuka di Danalaga setiap seminggu sekali.

Salah seorang warga Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, Siti Mesa (17 tahun) mengatakan, layanan ini sangat membantu warga dalam mendapatkan layanan kependudukan terutama KTP. '' Sangat membantu mengurus KTP karena tidak perlu jauh-jauh ke kantornya,'' kata dia.

Menurutnya, layanan jemput bola ini sangat bagus dan cepat. Warga juga dilayani dengan ramah oleh petugas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement