Jumat 05 Nov 2021 06:30 WIB

3 Alternatif Pola Makan untuk Normalkan Gula Darah Diabetesi

Remisi diabetes merupakan kondisi kadar gula darah terus bertahan normal.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi alat cek gula darah. Diabetesi perlu memeriksa kadar gula darahnya secara teratur dan menjalani pola makan yang tepat.
Foto:

Diet Mediterania

Menurut Diabetes UK, sebagian penyandang diabetes dapat mencapai remisi melalui penurunan berat badan menggunakan diet Mediterania. Pola makan ini berfokus pada ikan, beberapa produk susu, telur, protein tanpa lemak seperti ayam, sayur, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, dan minyak zaitun.

Ada beberapa makanan yang juga dijauhi atau dibatasi dalam diet Mediterania. Pelakunya mesti melewatkan daging merah, makanan olahan, dan gula.

Diet Mediterania membantu penyandang diabetes tipe 2 untuk menjauhi makanan-makanan yang berkontribusi pada kenaikan berat badan tanpa restriksi ketat. Oleh karena itu, diet ini cenderung lebih mudah untuk diterapkan dalam jangka panjang.

Diet Mediterania juga memberikan manfaat kesehatan bagi jantung. Selain itu, makanan-makanan yang dikonsumsi dalam diet Mediterania umumnya menunjang kontrol kadar gula darah.

Diet rendah karbo

Menerapkan pola makan rendah karbohidrat dapat memberikan pengaruh baik bagi penyandang diabetes tipe 2. Pola makan ini juga dinilai dapat membantu penyandang diabetes tipe 2 untuk mencapai remisi menurut beberapa bukti ilmiah.

"Secara umum, manyantap karbohidrat rendah adalah ketika Anda menurunkan total asupan karbohidrat Anda dalam sehari menjadi kurang dari 130 gram," ujar Diabetes UK.

Bila menerapkan diet rendah karbohidrat, coba untuk fokus lebih banyak pada protein seperti ikan, ayam, atau kacang-kacangan, dan lemak sehat seperti alpukat, dan yoghurt. Jadikan buah dan sayur sebagai opsi camilan sehari-hari.

Diet rendah karbohidrat bisa membantu karena karbohidrat merupakan makronutrien yang paling memengaruhi peningkatan kadar gula darah dan kadar insulin. Membatasi asupan karbohidrat akan membantu menurunkan kadar gula darah dan juga insulin penyandang diabetes tipe 2.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement