Jumat 04 Feb 2022 05:15 WIB

5 Bahan Makanan yang Bantu Pangkas Risiko Diabetes

Risiko diabetes berkaitan erat dengan gaya hidup, termasuk pola makan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Makanan sehat (ilustrasi). Perubahan pola makan ke arah yang lebih sehat dapat membantu mencegah dan mengelola penyakit diabetes. Salah satu yang dianjurkan adalah pola makan tinggi buah, sayur, gandum, dan legum.
Foto:

Biji Padi-padian utuh

Whole grains atau biji padi-padian utuh bisa merupakan sumber karbohidrat yang juga kaya akan serat. Konsumsi produk whole grains bisa memberikan perasaan kenyang lebih lama sekaligus mengontrol kadar gula darah.

"Makanan kaya serat tak hanya membantu bagi diabetes, tetapi juga diketahui menurunkan (risiko) penyakit jantung (yang kerap menjadi komplikasi dari diabetes)," ungkap dr Pulde.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Baik kacang-kacangan maupun biji-bijian dikenal kaya akan protein, serat, dan lemak sehat. Kombinasi ini sangat baik untuk mencegah diabetes.

"Kombinasi ini tak hanya membantu memberikan rasa kenyang, tapi juga mempromosikan kesehatan jantung dan membantu mengontrol kadar gula darah," ujar dr Pulde.

Namun, perlu diingat bahwa kacang-kacangan merupakan makanan yang padat kalori. Meski menyehatkan, kacang-kacangan sebaiknya dikonsumsi secukupnya atau dalam porsi wajar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement