Kamis 10 Mar 2022 21:26 WIB

IDAI : Vaksin Covid-19 Terbukti Aman Bagi Anak, Segera Lengkapi Dosisnya

Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi Covid-19 pada anak ringan dan segera hilang.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Reiny Dwinanda
Murid SD Negeri Gowok Kota Serang mendapat suntikan vaksin Covid-19 saat Percepatan Vaksinasi Untuk Anak di Kampung Curug, Serang, Banten, Senin (21/2/2022). Vaksin Covid-19 diperlukan guna melindungi anak dari gejala sakit berat bahkan akibat buruk lainnya.
Foto:

Untuk vaksinasi anak, menurut Prof Cissy, jenis vaksin yang diberikan adalah Sinovac, yakni vaksin yang dilemahkan dan tidak aktif (inactive). Selama ini, vaksin inactive diketahui aman seperti vaksin yang digunakan dalam program imunisasi dasar anak.

photo
Jika anak mengalami KIPI pascavaksin Covid-19, sebaiknya orang tua tak perlu panik. Ikuti langkah2 berikut. - (Republika.co.id)

Terpisah, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate mengatakan, pemerintah terus berupaya mempercepat cakupan vaksinasi bagi anak maupun remaja. Ia menyebut, selama pandemi belum selesai, risiko terinfeksi tetap ada.

"Kita ingin agar anak-anak Indonesia terlindungi dari Covid-19, terhindar dari risiko sakit berat atau akibat buruk lainnya dari virus ini," ujarnya.

Menurut situs covid19.go.id, dari jumlah orang yang positif Covid-19 di Indonesia tercatat 10,3 persen di antaranya adalah berusia 6-18 tahun. Oleh karenanya, vaksinasi anak tidak hanya melindungi anak melainkan juga memiliki andil dalam perlindungan keluarga.

"Jutaan anak Indonesia telah divaksinasi, vaksin untuk anak terbukti aman. Jadi segera lengkapi vaksinnya," kata Johnny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement