Jumat 20 May 2022 14:58 WIB

CDC Rekomendasikan Vaksin Booster Covid-19 Buat Anak 5-11 Tahun, Apa Betul Diperlukan?

Sebagian pakar juga mempertanyakan waktu paling efektif untuk pemberian booster.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 pada seorang anak (Ilustrasi). CDC AS merekomendasikan pemberian vaksin booster Covid-19 untuk anak usia 5-11 tahun.
Foto:

John Moore, seorang profesor mikrobiologi dan imunologi di Weill Cornell Medicine, menawarkan pendapat yang sama. Dia mengatakan bahwa dua dosis pertama mungkin sudah cukup untuk melindungi anak-anak dari virus.

"Dosis booster mungkin tidak menambahkan banyak perlindungan ekstra di sini, terkecuali bagi anak-anak yang mengalami gangguan kekebalan," kata dia.

photo
Vaksinasi Covid-19 anak usia 5-11 tahun. - (Republika)

Profesor kesehatan masyarakat di George Washington University, dr Leana Wen, juga mempertanyakan hal serupa. "Apakah booster untuk kelompok usia yang lebih muda bisa mengurangi infeksi parah. Itu, pada akhirnya, adalah alasan utama mengapa kami melakukan vaksinasi," kata Wen.

Dokter spesialis anak di Pomona, New York, dr Jesse Hackel mengatakan bahwa booster pada anak-anak penting karena berbagai alasan. Salah satunya melindungi anak dari penyakit parah dan komplikasi jangka panjang akibat infeksi Covid-19, dan banyak lainnya akan dapat menyebarkan penyakit kepada mereka yang mungkin lebih berisiko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement