Selasa 17 Jan 2023 02:00 WIB

Nyeri Kaki Bisa Disebabkan Oleh Penumpukan Kolesterol, Tandanya Ada Tiga

Gejala kolesterol tinggi bisa terasa di kaki.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Kaki (ilustrasi). Gejala kolesterol tinggi dapat terasa di kaki.
Foto:

3. Tidak menyerang sendi dan tulang

Tanda kunci lain dari klaudikasio adalah kondisi itu hanya memengaruhi otot. Penderitanya tidak akan merasakan nyeri sendi dan nyeri tulang.

Seseorang perlu mencermati kakinya jika terasa sakit. Apabila rasa sakitnya ada di satu atau lebih ke persendian, kemungkinan besar itu bukan gejala klaudikasio.

photo
Tanda kolesterol tinggi dapat terlihat di kaki. - (Republika)

Selain nyeri pada kaki, PAD dapat menimbulkan gejala lain, antara lain nyeri yang membakar, pegal di kaki dan jari kaki saat istirahat (terutama di malam hari saat berbaring telentang), dan kulit kaki terasa dingin. Bisa pula berupa kemerahan atau perubahan warna lain pada kulit, sering infeksi, dan luka yang tak kunjung sembuh.

Persoalannya, PAD tidak selalu menimbulkan banyak gejala nyata sehingga sulit diidentifikasi, seperti halnya kadar kolesterol tinggi. Cara paling andal, yakni dengan mendeteksi kadar kolesterol melalui tes darah.

Jika kolesterol terpantau tinggi, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Seseorang bisa melakoni diet sehat yang berfokus pada pengurangan asupan lemak jenuh dan meningkatkan asupan serat larut.

Bisa juga dengan minum obat penurun kadar kolesterol yang disebut statin. Perubahan gaya hidup lainnya termasuk tidak minum alkohol, berhenti merokok, dan berolahraga, dikutip dari laman Express, Senin (16/1/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement