Selasa 11 May 2010 01:49 WIB

Atasi Krisis Yunani, Uni Eropa dan IMF Gelontorkan 750 Miliar Euro

Rep: c08/ Red: Ririn Sjafriani

BRUSSELS--Guna menangkis wabah penularan krisis yang mendera Yunani menyebar ke zona Eropa, menteri keuangan Uni Eropa akhirnya menyepakati dana talangan sebesar 500 miliar euro atau 430 miliar poundsterling. Dana Moneter Internasional (IMF) juga akan memberikan kontribusi dana sebesar 250 miliar euro.

Paket penyelamatan tersebut disepakati setelah 11 jam para petinggi Uni Eropa, termasuk para menteri keuangan Eropa mengadakan pertemuan di Brussels, Belgia pada Ahad (9/5). Langkah penyelamatan ini merupakan paket penyelamatan terbesar dalam dua tahun terakhir sejak para pemimpin negara G20 melemparkan dana talangan atas runtuhnya Lehman Brothers di Amerika Serikat (AS). Program penyelamatan tersebut disepakati akan berlangsung selama tiga tahun ke depan.

Guna memperkuat skema penyelamatan ekonomi Uni Eropa, Komisi Eropa turut menyumbangkan dana darurat sebesar 60 miliar euro atau 75 miliar dollar AS. Sementara itu, 16 negara yang menggunakan mata uang euro juga memberikan sokongan dana sebesar 440 miliar euro.

Menteri Keuangan Spanyol, Elena Salgado, seperti dikutip BBC pada Senin (10/5), menyatakan paket penyelamatan ini dilakukan untuk menjaga kestabilan nilai tukar euro dan perekonomian zona Eropa.