Ahad 30 May 2010 01:01 WIB

Satgas Usul Pansel KPK Perhatikan 'Faktor Lain'

Red: irf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Anggota Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum Denny Indrayana meminta Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi mencermati faktor lain dalam menyeleksi calon pimpinan KPK. "Ada empat faktor lain yang harus menjadi perhatian Panitia Seleksi untuk dicermati, selain persyaratan administratif," kata Denny Indrayana pada diskusi "Mencari Pimpinan KPK" di Jakarta, Sabtu.

Denny menyebutkan, ada empat faktor lainnya yang harus dicermati Panitia Seleksi yakni meliputi rekening, pajak, gaya hidup, serta laporan harta kekayaan. Dijelaskannya, Panitia Seleksi harus mencermati rekening pimpinan KPK apakah normal atau patut dicurigai.

Dalam mencermati rekening, kata dia, jangan hanya pada calon pimpinan KPK juga harus dicermati rekening orang-orang di sekitarnya seperti istri, anak, adik, sopir, serta orang-orang kepercayaannya. Hal lain yang harus dicermari, kata dia, adalah pembayaran pajaknya apakah berjalan normal dan lancar atau tidak normal.

"Gaya hidup calon pimpinan KPK juga harus menjadi perhatian Panitia Seleksi untuk dicermati, apakah gaya hidupnya sesuai dengan gaji atau penghasilannya," tutur dia. Hal lainnya yang harus dicermati, menurut dia, adalah laporan harta kekayaan calon.