Rabu 21 Jul 2010 04:44 WIB

Anas: Calon Demokrat di Jatim Belum Berhasil

Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,SIDOARJO--Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Anas Urbaningrum mengatakan calon Bupati/Wali Kota yang diusung Partai Demokrat di Jawa Timur masih belum berhasil menang pada pemilihan kepala daerah (Pilkada). "Calon Bupati/Wali Kota dari Partai Demokrat di Jatim masih belum berhasil untuk memperoleh suara terbanyak dalam pemilihan kepala daerah tahun ini," katanya saat melakukan kunjungan di Sidoarjo, Selasa.

Ia mengemukakan, untuk beberapa pilkada terakhir seperti Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo akan dipersiapkan dengan sungguh-sungguh. "Termasuk di dalamnya kami melakukan evaluasi terkait persiapan untuk menghadapi pemilihan kepala daerah," katanya.

Ia menjelaskan, hasil evaluasi tersebut akan diproyeksikan meningkatkan kinerja tim supaya semakin baik secara politik khususnya untuk memenangkan pemilihan kepala daerah di Jatim yang belum terlaksana.

"Dengan kerja keras seluruh kader, tim dan juga komunikasi yang baik kepada masyarakat diharapkan ada peningkatan perolehan suara," katanya.

Mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) itu juga optimistis kedua kota yang berbatasan itu akan bisa dimenangkan cabup Yuniwati dan cawabup Sarto yang diberangkatkan oleh partainya. "Oleh karena itu, kini kami terus melakukan konsolidasi dan menjalin komunikasi yang intensif oleh calon Surabaya dan Sidoarjo dengan masyarakat yang mempunyai hak pilih," katanya.

Mengacu dari berbagai pengalaman pilkada di wilayah lain, Partai Demokrat memiliki evaluasi tersendiri untuk mewujudkan kemenangan di Surabaya dan Sidoarjo. "Dari beberapa pilkada di Jawa Timur, Partai Demokrat memang belum berhasil. Dan dengan evaluasi yang sungguh-sungguh, kita akan bekerja keras untuk meraih kemenangan," katanya.

Ia mengatakan, prosentasi keberhasilan pilkada di seluruh Indonesia hasilnya memang bervariasi. "Misalnya di Kalimatan Timur dimana seluruh calon yang kami usung menang baik itu pada pemilihan kepala daerah Kabupaten maupun juga wali kota," katanya.

Hal yang sama, kata dia, juga terjadi di Provinsi Sumatera Barat dimana seluruh calon yang diusung oleh Partai Demokrat juga menang. Dalam kunjungannya ke Sidoarjo ini, Anas juga didampingi para kader partai berlambang tiga berlian, baik dari Surabaya maupun Sidoarjo. Tampak juga ikut dalam rombongan, Wisnu Wardana, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Surabaya serta Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sidoarjo dari Partai Demokrat Dawud Budi Sutrisno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement