Selasa 23 Nov 2010 07:34 WIB

Warga Lapas Anak Palembang Dibunuh dan Dimutilasi Sesama Tahanan

Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG--Warga Lembaga Pemasyarakatan Anak Pakjo Palembang, Sumatera Selatan, Eko Adisaputra (18), dibunuh dan dimutilasi oleh teman sesama tahanan, pada Senin. Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak Pakjo, Junaidi, di dampingi Kepala Keamanan Lapas, Anank Giono, di Palembang, Senin mengatakan, peristiwa tersebut terjadi berawal dari perkelahian korban dengan sesama tahanan lima hari lalu. "Berdasarkan keterangan para tersangka, korban berulang kali ditegur karena berusaha membuat lubang untuk melarikan diri dari Lapas," katanya.

Dikatakannya, upaya untuk melarikan diri itu merupakan pelanggaran, maka korban bersama delapan teman lain yang juga satu kamar dinilai ikut bertanggung jawab sama-sama dimasukkan ke dalam ruangan isolasi.

Ia mengutarakan, selama diisolasi korban masih juga berupaya melubangi tembok kamar, lantas temannya menegur supaya tidak dilakukan, karena akan berdampak buruk atas hukumannya.

Menurut dia, merasa tidak digubris dan terjadi perkelahian, karena sudah merasa jengkel, lantas delapan tersangka menghajarnya, hingga meninggal. Selanjutnya, setelah meninggal, baru kedua telinga dan alat kemaluan korban dipotong diduga menggunakan sendok yang sengaja ditajamkan. "Kasus ini pertama kali diketahui petugas lapas aplus Senin pagi ketika mengecek setiap kamar," katanya lagi.