Selasa 07 Dec 2010 08:23 WIB

India: Pengadilan Pakistan Untuk Tersangka Mumbai Adalah Sandiwara

Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,NEW DELHI--Menteri Dalam Negeri India mengatakan upaya Pakistan untuk mengadili mereka yang berada dibalik serangan Mumbai 2008 adalah suatu "sandiwara" karena Islamabad mengkhawatirkan kemungkinan keterlibatan para pejabat senior pemerintah.

Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan di Wall Street Journal, Senin, GK Pillai mengatakan pemerintah India telah memberi pemerintah Pakistan informasi lengkap tentang identitas dari dalang kunci di belakang serangan yang menewaskan 166 orang itu.

Sejumlah bukti yang paling meyakinkan dikumpulkan dari interograsi Daud Headley, seorang warga Pakistan Amerika yang mengaku bersalah karena melakukan survei pada sejumlah hotel dan beberapa sasaran lain menjelang serangan yang dipersalahkan pada para gerilyawan yang bermarkas di Pakistan.

Menteri Pillai mengatakan Headley telah mengidentifikasi suara dalang kunci dan informasi tersebut telah disampaikan ke pihak berwenang Pakistan. "Saya tidak berpikir mereka akan berbuat apa-apa terkait hal itu," kata Menteri Dalam Negeri kepada Journal itu, seraya mengatakan bahwa langkah Pakistan untuk mengajukan kasus itu adalah "pura-pura" dan mengabaikan orang-orang yang berada di "ruang kendali" yang mengatur serangan tersebut.